UE Sediakan 82 Juta Euro Dukung Pendidikan Pengungsi Palestina

Yerusalem, MINA – Uni Eropa (UE) menyediakan 82 juta Euro untuk Badan PBB yang bertanggung jawab atas pengungsi Palestina (UNRWA) dalam mendukung pendidikan bagi para pengungsi Palestina.

“Dengan penyediaan dana senilai 82 juta Euro di tahun 2020, Uni Eropa akan memungkinkan UNRWA terus menyediakan akses ke pendidikan untuk 532.000 anak-anak pengungsi Palestina, perawatan kesehatan untuk lebih dari 3,5 juta pasien dan bantuan untuk lebih dari 250.000 pengungsi Palestina yang rentan di Tepi Barat, Gaza, Suriah, Lebanon, dan Yordania,” kata UE  dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa (24/3), WAFA melaporkan.

“Pencairan dukungan tahunan kami datang di saat yang sangat kritis karena sedang mempersiapkan dan menanggapi wabah virus corona,” tambahnya.

Kepala Kebijakan luar negeri UE Josep Borrell mengatakan, menemukan solusi yang adil, disepakati dan realistis bagi para pengungsi Palestina adalah salah satu parameter yang disepakati secara internasional untuk solusi konflik Israel-Palestina.

“Dukungan kami terhadap UNRWA karenanya bukan hanya tugas kemanusiaan kami. Ini juga membantu menjaga prospek perdamaian berkelanjutan antara Israel dan Palestina, yang, bagi UE, hanya dapat dicapai melalui solusi dua negara yang dinegosiasikan,” ujarnya.

Sementara, Komisaris untuk Lingkungan dan Perluasan UE Olivér Várhely mengatakan, UE mempertahankan dukungannya untuk pengiriman layanan esensial UNRWA kepada para pengungsi Palestina.

“Ini akan berkontribusi pada stabilitas di seluruh wilayah. Kami telah membayar semua dukungan kami tahun 2020 yang memungkinkan lembaga itu untuk merencanakan ke depan dan memenuhi kewajibannya, khususnya penting sehubungan dengan pandemi COVID-19,” katanya.

Olivér menambahkan, donor bantuan lainnya tetap berjalan dan akan memastikan manajemen keuangan yang tepat dan sehat dari dukungan UE, merupakan elemen penting dari kontribusi UE di masa depan.

“Untuk tujuan ini, kami bekerja erat dengan UNRWA tentang reformasi internal untuk membantu memenuhi kebutuhan populasi pengungsi Palestina dengan cara yang paling efektif dan memastikan UNRWA fokus pada layanan-layanan penting, ”tambahnya.

UE adalah penyedia utama bantuan untuk UNRWA. Bersama-sama dengan Negara-negara Anggota UE, jumlah total yang diberikan kepada UNRWA pada tahun 2019 adalah 520 juta Euro, mewakili sekitar 60 persen dari total anggaran organisasi. (T/SRT/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)