UE Tegaskan Kembali Dukungan Politik dan Keuangannya untuk UNRWA

Brussel, MINA – Uni Eropa (UE) pada Rabu (6/5) menegaskan kembali dukungan politik dan keuangannya kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Dalam sebuah panggilan telepon, Perwakilan Tinggi untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa / Wakil Presiden Komisi Eropa, Josep Borrell, menegaskan kembali pendirian ini kepada Komisaris Jenderal UNRWA yang baru, Philippe Lazzarini, MEMO melaporkan.

Kedua pejabat itu juga bertukar pandangan tentang situasi saat ini di Timur Tengah dan tantangan yang dihadapinya, khususnya sehubungan dengan pandemi virus corona.

Borrell menyoroti peran penting UNRWA untuk stabilitas dan keamanan di wilayah tersebut dan pentingnya pekerjaan mereka untuk kelangsungan solusi dua negara yang dinegosiasikan dalam konflik Israel-Palestina.

UNRWA didirikan pada tahun 1949 untuk memberikan bantuan dan perlindungan bagi para pengungsi Palestina yang dipaksa keluar dari rumah mereka oleh Pendudukan Israel.

Organisasi itu saat ini memberikan layanannya kepada sekitar 5,3 juta pengungsi Palestina di wilayah pendudukan, Yordania, Lebanon, dan Suriah. Namun, UNRWA menderita krisis keuangan yang parah sejak 2018 karena penghentian kontribusi AS. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)