UEA LUNCURKAN SATELIT PEMANTAU TAK BERAWAK KE MARS

Planet Mars
english.alarabiya.net
english.alarabiya.net

Dubai, 27 Dzulhijjah 1435/21 Oktober 2014 (MINA) – Negara kaya minyak Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan sebuah proyek yang bertujuan mengirim satelit pemantau tak berawak pertama Arab ke Planet Mars pada 2021 mendatang.

“Negara Teluk mendirikan Badan Antariksa UEA untuk mengawasi dan membiayai Lembaga Emirates Ilmu Sains dan Teknologi mengeksekusi serta mengelola semua tahap  proyek alat penyelidik ke Mars,” kata sebuah pernyataan, Ma’an News seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Selasa.

“Kedua entitas menandatangani tujuh tahun perjanjian kemitraan, pengaturan waktu dan kerangka hukum serta keuangan untuk proyek Mars pada Senin (20/10),” kata pernyataan itu pula.

Pemerintah UEA mengungkapkan pada Juli 2014, rencana membuat badan antariksa untuk mendorong proyek tersebut.

“Investasi UEA dalam teknologi ruang angkasa telah mencapai 20 miliar Dirham (sekitar 54 triliun rupiah),” kata Pemerintah UEA.

Menurut pernyataan tersebut, UAE merupakan federasi tujuh negara Emirat yang dibentuk pada 1971, akan menjadi negara kesembilan terbesar di dunia dengan program mengeksplorasi Planet Merah. (T/P006/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0