UI dan BRI Research Institute Jalin Kerjasama Pemberdayaan dan Pendampingan Produk UMKM

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Universitas Indonesia melalui Center melakukan nota kesepahaman bersama (NKB) dengan Research Institute dalam upaya mendorong naik kelas serta akselerasi UMKM.

Kesepakatan tersebut ditandatangani Kepala UI Center Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi dan Direktur Utama BRI Research Institute Dr. Anton Hendranata, M,si di Ruang Rapat IWK Gedung Science Park, Kampus UI Depok, pada Selasa (17/5).

Pada sambutanya, Kepala UI Halal Center memberikan apresiasi kepada BRI Research Institute atas kepeduliannya terhadap UMKM melalui sinergi dengan UI Halal Center.

“Kerjasama ini merupakan langkah konkrit mendorong dan mendampingi UMKM khusunya pada sertifikasi halal, Indonesia sendiri memiliki 65 juta UMKM dan baru 1% persen yang tersertifikasi, hal ini butuh keseriusan dan kerja keras bersama agar 2024 kewajiban sertifiksi halal sudah terpenuhi,” kata Muhammad Luthfi Zuhdi.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Research Institute Dr. Anton Hendranata mengucapkan terima kasih kepada UI Halal Center yang bersedia untuk bersinergi.

“Kerjasama ini merupakan yang pertama dengan perguruan tinggi, kami yakin dengan SDM ahli, keilmuan multidisiplin dan fasilitas yang mumpuni kerjasama dengan UI melalui UI Halal Center dapat membantu meningkatkan kapasitas UMKM dengan berbagai program sehingga benar-benar naik kelas,” ujar Anton.

UI Halal Center baru saja ditetapkan BPJPH Kemenag RI sebagai Lembaga Pendamping Proses (PPH) dengan nomor registrasi 2201000004, sehingga UIHC bisa melakukan pelatihan, pendampingan dan sertifikasi halal dengan skema Self Declare.

“Hal ini akan mempercepat akselerasi sertifikasi halal UMKM,” tutur Qiwamudin selaku Sekretaris UI Halal Center.

Ruang lingkup sinergi UI Halal Center dan BRI Research Institute meliputi bidang pemberdayaan, bidang penelitian ilmiah, bidang pengabdian kepada masyarakat, pelatihan halal, peningkatan sdm halal, peningkatan kapasitas usaha UMKM, peningkatan literasi halal dan bidang sertifikasi halal.

Pada acara tersebut, turut dihadiri oleh Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit Usaha (DPPU) UI T.M. Zakir Sjakur Machmud, Ph.D., Kasubdit Kerjasama Bisnis Direktorat Kerja Sama Andri Syahreza, Kasubdit Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (UKKPPM) UI dan Dekan Farmasi atau Wakil Ketua UI Halal Center Prof. Arry Yanuar.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)