UI TOREH PRESTASI DALAM KONTES ROBOT TERBANG INDONESIA

UI

Yogyakarta, 16 Dzulhijjah 1436/29 September 2015 (MINA) – kembali menorehkan prestasi dalam ajang yang berlangsung pada 17-20 September 2015 di Yogyakarta.

Kontes robot yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti), Kementerian Riset Teknologi dan Tinggi tersebut, terdiri dari kategori SMA, Perguruan Tinggi dan Umum, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) mengutip Laman Resmi UI melaporkan.

Dalam kontes tersebut, peserta ditantang untuk mendesain, membuat serta menerbangkan sebuah pesawat. Tantangan yang diberikan mengharuskan peserta mendapatkan kompromi antara geometri pesawat, konstruksi dan sistem elektronik yang diintegrasikan pada pesawat terbang.

Tahun ini, kompetisi terdiri dari 3 kategori yaitu Vertical Take Off Landing (VTOL), Fix Wing dan Racing Jet. Pada kategori VTOL, yang dilombakan adalah Waterbase Fire Extinguisher (WFE) atau pemadaman api dengan menggunakan air dan Non Waterbase Fire Extinguisher (NWFE) atau pemadaman api dengan menggunakan media selain air. Kategori lomba inilah yang tahun ini diikuti oleh delegasi Universitas Indonesia.

Untuk kategori NWFE, UI berhasil meraih juara pertama. Universitas Indonesia diwakili oleh tim Garuda yang terdiri dari M . Taris Hadyantama (Teknnik Elektro), Aldwin Akbar Hermanudin (Teknik Komputer), dan Ricky Nauvaldy R. (MIPA). Dalam dua kali percobaan, Garuda berhasil melakukan take off, scanning otomatis pada tiga titik api, melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan media selain air dan landing otomatis pada dua titik home di dua kali uji coba.

Sementara itu, pada kategori WFE, UI diwakili oleh tim Athena yang terdiri dari Irwan Dharmawan (FIB), Muhammad (Teknik Industri) dan Raden Muhammad Adrian Septiandry (Fasilkom). Dalam dua kali percobaan, Athena berhasil melakukan take off, scanning titik api, melakukan upaya pemadaman meski tidak tepat sasaran, dan landing otomatis pada titik home di trial kedua. Pada kategori ini, delegasi berhasil meraih juara 4. (T/P006/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

UI Toreh Prestasi dalam Kontes Robot Terbang Indonesia

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0