Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

UIN Alauddin Makassar dan NAHA Jepang Sepakat Bangun Industri Halal

Arina Islami Editor : Zaenal Muttaqin - Rabu, 17 Juli 2024 - 04:24 WIB

Rabu, 17 Juli 2024 - 04:24 WIB

16 Views

UIN Alauddin Makassar dan Nippon Asia Halal Association (NAHA) Jepang menandatangani MoU untuk pengembangan industri halal global, di Chiba Islamic Cultural Center, Chiba, Jepang, pada Kamis, 11 Juli 2024. [Foto: Dirjen Pendis Kemenag RI]

Tokyo, MINA – Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar bersama Nippon Asia Halal Association (NAHA) Jepang, sepakat membangun kerja sama untuk pengembangan industri halal di Indonesia dan di negeri sakura itu.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis, dan Direktur NAHA Jepang, Dr. Saeed Akhtar, mengutip keterangan tertulis Dirjen Pendis Kemenag yang terbit pada Selasa (16/7).

Menurut keterangan itu, penandatanganan MoU itu dilaksanakan di Chiba Islamic Cultural Center, Chiba, Jepang, pada Kamis (11/7).

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis menyampaikan, kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang dalam industri halal, serta membuka peluang baru bagi pengembangan produk dan jasa halal yang lebih luas di pasar internasional.

Baca Juga: Seribu UMKM Jakarta Dapat Sertifikat Halal

“Kerja sama ini mencakup pertukaran pengetahuan dan teknologi, serta pelatihan dan sertifikasi bagi para pelaku industri halal,” kata Hamdan.

Menurutnya, kerja sama tersebut kan memberikan manfaat besar bagi peningkatan kualitas produk halal, baik di Indonesia maupun di Jepang.

Guru Besar Sosiologi itu berharap UIN Alauddin Makassar dan NAHA berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan industri halal dan memperkuat ekosistem halal global.

Sebagai kelanjutan dari MoU itu, akan diadakan Insight Halal Webinar, hasil kerjasama antara Lembaga Pengkajian Halal (LPH) UIN Alauddin Makassar, NAHA, dan Universitas Teknologi Mara (UiTM) Selangor Malaysia, pada Kamis (18/7). Webinar ini akan menghadirkan narasumber dari ketiga institusi tersebut.

Baca Juga: Indonesia-Singapura Tandatangani MoU Jaminan Produk Halal

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan industri halal di kedua negara akan semakin maju dan mampu bersaing di pasar global, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kualitas produk halal di Indonesia dan Jepang.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BPJPH Cabut Sertifikat Halal Roti Okko

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Asia
MINA Sport
Khadijah
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia