UIN Ar-Raniry Aceh Akan Buka Fakultas Kedokteran Dengan Konsep Keislaman

Banda Aceh, MINA – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh, Prof Warul Walidin Ak MA mengatakan, pihaknya akan membuka fakultas baru antara lain  Fakultas Kedokteran.

Menurutnya, berdasarkan konsep epistimilogi dan aksiologi secara Islami, Fakultas Kedokteran akan dipadukan secara interkoneksitas dan integrasi dengan sains modern yang ditunggu-tunggu oleh umat.

Dalam rapat senat milad  ke 56 UIN Ar-Raniry, rektor mengemukakan selanjutnya, universitas ini  bercita-cita akan membangun Rumah Sakit Islam “Al Musthafa UIN Ar-Raniry” sebagai pusat kesehatan terbaik di Aceh. Demikian MINA Aceh melaporkan, Sabtu (2/11).

“Rencana pembukaan fakultas-fakultas baru seperti fakultas kedokteran yang kita bangun berdasarkan konsep epistemologi dan aksiologi secara Islami dan kita padukan secara entrepreneurship dan integrasi dengan sains modern, kedokteran modern dan juga farmasi modern,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Warul Walidin juga mengungkapkan bahwa dengan semangat baru melalui refleksi peringatan Hari Jadi UIN Ar-Raniry bertekad menjadikan UIN Ar-Raniry sebagai pusat edukasi dan riset terunggul dan terpercaya.

Ketua Panitia Milad, Dr Syabuddin M.Ag, menyebutkan berbagai kegiatan telah dilaksanakan baik bersifat akademik maupun kemahasiswaan diantaranya kegiatan sosial seperti aksi donor darah, Ar-Raniry Creative Fair, home visit ke rumah dan kediaman para sesepuh, terutama yang sedang sakit.

Selain itu aneka lomba seperti lomba tarik tambang antar fakultas dan lembaga di UIN Ar-Raniry, lomba mewarnai bagi anak-anak keluarga besar UINAR, lomba hafal Al-Quran juz 30, lomba baca puisi dan beberapa perlombaan lainnya.

“Pada hari puncak milad ke-56, juga diberikan penghargaan kepada para mahasiswa dan dosen berprestasi baik tingkat nasional maupun internasional, pejabat struktural, PNS dan Non PNS berprestasi, petugas keamanan, petugas kebersihan dan pengelola jurnal terbaik dan unit kerja terbersih serta penyerahan zakat kepada fakir miskin dan santunan anak yatim,” kata Syahbuddin selaku Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Perencanaan.

Pada rapat senat tersebut yang merupakan puncak peringatan hari jadi ke 56 UIN Ar-Raniry, turut hadir sejumlah pejabat dan para tamu undangan lainnya. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ismet Rauf