Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ukhuwah Al-Fatah Rescue Seriusi Pembentukan Tim Urban SAR

kurnia Editor : Rudi Hendrik - Senin, 26 Agustus 2024 - 09:12 WIB

Senin, 26 Agustus 2024 - 09:12 WIB

72 Views ㅤ

Tim USAR-UAR yang sedang dipersiapkan mengikuti Pelatihan Internasional pada 19 - 24 September 2024.

Bogor, MINA – Lembaga kemanusiaan Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) menseriusi pembentukan tim Urban SAR (USAR) sebagai giat kemanusiaannya.

Hal itu diungkapkan Ketua UAR Endang Sudrajat dalam Musyawarah Pengurus Pusat di Bogor, Sabtu malam (24/8).

“Kita akan menseriusi ilmu USAR dalam giat kemanusiaan kita ke depan karena ilmu ini yang lebih cocok untuk kondisi saat ini baik di Indonesia maupun di luar negeri,” kata Endang.

Urban SAR (USAR) adalah jenis operasi penyelamatan teknis yang melibatkan penentuan lokasi, evakuasi, dan stabilisasi medis awal bagi korban yang terjebak di daerah perkotaan, yaitu keruntuhan struktur akibat bencana alam, perang, kecelakaan, ranjau atau parit runtuh.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

Ketua Umum UAR Endang Sudrajat mengharapkan tim USAR yang telah lulus pelatihan pada 10 – 11 Agustus lalu di Jakarta Rescue, semua ikut pelatihan yang lebih tinggi dengan instruktur SAR Perancis.

“Tm USAR yang kemarin lulus pelatihan di Jakarta Rescue harus solid dan besok semua ikut pelatihan dengan tim SAR Perancis,” ujar Endang.

Tim PUI Perancis (USAR FRA-01) sebanyak delapan orang akan tiba di Indonesia pertengahan September yang akan datang. Mereka akan melatih Tim USAR Ukhuwah Al-Fatah Rescue mulai tanggal 19 hingga 24 September.

Materi yang akan diberikan pada pelatihan tersebut meliputi disaster, medis, logistik dan drone. “Nanti ada empat tim sesuai materi akan diberikan instruktur PUI Perancis,” kata Endang Sudrajat.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

“Di luar dugaan, Tim USAR Perancis yang semula diperkirakan akan datang 1 hingga 4 orang ternyata sampai delapan orang,” kata Ketua Umum UAR.

Hadir dalam rapat H. Amal, M. Tobri dan Sakuri SH (Pembina UAR Pusat), Al Mujahid, Ubaidillah, M. Fauzi, Herlambang dan Ramdhan (Pusdatin Pusat), Tri Habibi, Nurul Priansah dan Nanang (PB UAR). Turut hadir pula Presedium Aqsa Working Group (AWG) Nur Ikhwan Abadi.

Guna persiapan pelatihan dengan Tim PUI Perancis, Ketua Umum UAR telah menunjuk personel untuk membenahi tempat Pusdiklat Jakarta Rescue di Citeko, Cisarua, Kabupaten Bogor. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia