SEKJEN. OKI TANGGAPI PERMINTAAN PENYELENGGARAAN HAJI DILAKUKAN OKI

ulama iran world bulletin
Ayatollah Mohammad Emami Kashani (Foto: World Bulletin)

Teheran, 14 Dzulhijjah 1436/28 September 2015 (MINA) – Ayatollah Mohammad Emami Kashani, seorang ulama senior Iran, menyerukan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), menjadi penyelenggara ibadah haji, sebagai reaksi atas terjadinya insiden Mina yang meminta demikian banyak korban.

“Pemerintah Saudi dan otoritas yang terlibat dalam pelaksanaan haji harus bertanggung jawab,” kata Kashani, seperti dikabarkan Abc11 News, dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Menanggapi usul itu, Iyad Madani, Sekretaris Jenderal OKI, organisasi yang beranggotakan 57 negara,  menyatakan harapannya tidak ada pihak yang akan mengambil keuntungan dari haji dan jamaah haji.

“Insiden sangat mungkin terjadi ketika jutaan orang melakukan aktivitas yang sama pada saat yang sama,” kata Madani yang pernah menjadi Menteri Urusan Haji Arab Saudi, dalam dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga:  Banjir Kembali Melanda Afghanistan, 50 Orang Tewas

Pemerintah Arab Saudi terus mengadakan penyelidikan intensif atas kasus ini, mengadakan evaluasi untuk perbaikan dan menjatuhkan hukuman bagi yang bersalah.

Sementara itu, Kabinet Iran telah mengadakan sidang  darurat membahas insiden di Mina di mana banyak warga negara Iran menjadi koban.

Wakil Presiden Iran, Ishaq Jahangiri, mengatakan, Pemerintah Arab Saudi harus bertanggungjawab untuk bencana ini.(T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Comments: 0