Ulama Jabar Minta Gubernur Ridwan Kamil Beri Santunan Pantas Kepada Suporter Persija yang Tewas

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – dari Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Bogor, Ustaz Ahmad Zubaidi mengatakan, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil harus memberi santunan yang pantas kepada supoeter yang tewas menjelang laga melawan Persija Ahad (23/9) lalu.

“Sebagai bentuk santunan itu, Pak Ridwan Kamil mewakili masyarakat Jabar dan Persib hendaknya datang langsung ke rumah duka, memberi santunan yang layak dan bila perlu mengundang jamaah untuk melaksanakan tahlilan minimal tujuh hari untuk korban,” katanya kepada MINA, Senin (24/9).

Hal ini dirasa penting mengingat kejadian tersebut diperkirakan akan berbuntut panjang. “Nah untuk mengakhiri itu, tokoh harus hadir langsung dan membuat aksi nyata menyatukan keduanya (Persija dan Persib, red),” ujar Ustaz Ahmad.

Sebelumnya, suporter Persija bernama Haringga Sirila (23) harus merenggang nyawa setelah dikeroyok oknum masa penonton yang mengenakan baju bobotoh saat laga Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Ahad.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil, melalui akun twitternya mengutuk dan menyesali insiden kekerasan yang menyebabkan seorang suporter tewas menjelang pertandingan itu..

“Saya mengutuk keras, saya menyesali. Dari kebanggaan menang, jadi rasa malu luar biasa. Saya sangat berduka cita pada individu Haringga Sirla yang menjadi korban kebiadaban dari oknum penonton,” kata Ridwan di Bandung, Senin, 24 September 2018.

Ridwan mengatakan sudah mengirim utusan untuk menemui keluarga korban, salah satunya untuk memberikan santunan Rp 50 juta kepada keluarga korban.

“Dari pribadi, saya juga akan memberikan santunan. Karena, pada dasarnya pemerintah provinsi tidak ada tupoksi terhadap olahraga profesional, tapi ini sebagai tangung-jawab saja, supaya situasi bisa lebih baik,” kata Ridwan Kamil. (L/P2/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.