Ulama Pattani: Pesantren Berperan Tingkatkan Dakwah di Thailand

Bogor, 24 Sya’ban 1438/21 Mei 2017 (MINA) –  Anggota Majelis Agama Islam Wilayah Yala, Pattani, Thailand Selatan, Dr. Abdullah Abu Bakar bin Haji Ismail Al-Fathani mengatakan, proses dakwah Islam di Thailand tak bisa dilepaskan dari peranan pendidikan dalam bentuk Pondok Pesantren (Ponpes).

“Masjid dan sekolah Islam (Ponpes) adalah lembaga-lembaga kunci dalam proses sosialisasi di tengah masyarakat Islam,” kata Abdullah kepada Kantor Berita Islam MINA di sela acara Tabligh Akbar Jama’ah Muslimin (Hizbullah 1438 H di Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi Bogor, Sabtu malam (20/5).

Menurut ulama Pattani yang menjadi salah satu pembicara tabligh akbar tersebut, Thailand Selatan memiliki tradisi pendidikan Islam dengan ponpes sebagaimana pondok-pondok pesantren di Indonesia.

“Ada tiga unsur pendidikan ponpes di Thailand Selatan, yaitu unsur pendidikan ibadah dengan menanamkan keteguhan iman. Tabligh, yaitu menyebarkan ilmu, ketiga amal mewujudkan ajaran Islam di kalangan masyarkat,” jelasnya.

Dia mengatakan, materi pelajaran yang diutamakan di pondok adalah berdasarkan pada pembacaan dan pemahaman kitab-kita klasik (tua), baik dalam bahasa Arab maupun dalam bahasa melayu tulisan Jawi.

Beberapa lembaga pendidikan di Thailand, lanjutnya, telah menggabungkan antara pendidikan agama dan akademik.

“Sekolah pondok di Thailand dapat seimbang dan menyeimbangkan antara dunia serta akhirat,” ujarnya.

Saat ini jumlah sekolah-sekolah Islam swasta di wilayahThailand Selatan sekitar 500 sekolah, terdiri dari Yala sekitar 100 sekolah, Pattani 200 sekolah, dan Narathiwat 200 sekolah.

Abdullah mengatakan, dalam pengembangan pendidikan Islam, pemerintah mempunyai peran memberikan bantuan terhadap sekolah-seolah agama yang telah melaksanakan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Saat ini, jumlah penduduk muslim di Thailand sekira 4 juta dari total 65 juta penduduknya dan meskipun Islam adalah agama minoritas di Thailand – negara berjuluk Gajah Putih yang berpenduduk mayoritas Budhis –, Islam menjadi agama terbesar kedua di negeri itu.

Mayoritas umat Islam di Thailand tinggal di wilayah selatan Thailand, yaitu daerah yang disebut dengan Patani. Sementara di daerah Yala, berpenduduk sekitar 500 ribu, 98 persennya adalah muslim, merupakan wilayah Pattani, Thailand Selatan. (L/R01/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)