Ulama Thailand Imbau Umat Islam Kuatkan Ukhuwah Islamiyah

Cileungsi, Kabupaten Bogor, MINA – Ulama Thailand Abdullah Abu Bakar menghimbau umat Islam agar mempererat ukhuwah Islamiyah di tengah berjuang mengatasi Pandemi Covid-19 dan berbagai persoalan lainnya.

“Meskipun kita tidak bertemu secara fisik, disebabkan Covid-19 tetapi ukhuwah Islamiyah perlu diwujudkan dengan menjaga tali silaturahim dengan tetap teguh dan kuat,”  kata Abu Bakar dalam acara Tabligh Akbar virtual pada Ahad (4/4) yang digelar secara daring dan luring di Masjid At-Taqwa, Ponpes Al-Fatah, Cileungsi, Bogor

Agenda dari puncak Taklim Pusat 1442H Jama’ah Muslimin (Hizbullah) ini mengambil tema “Berjama’ah adalah Fitrah dalam Menghadapi Berbagai Fitnah dan Krisis Akhir Zaman.”

Ia juga mengatakan, ukhuwah Islamiyah perlu dikuatkan dengan berpondasikan Al-Quran dan As-sunnah sebagaimana Allah berfirman dalam Surat Al-Hujurat ayat 10 “Sesungguhnya orang-orang mu’min adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat”.

“Menjalin ukhuwah Islamiyah agar lebih kokoh dan kuat inilah salah satu ciri orang mu’min, ditegaskan Allah dalam Al-Quran, yakni keras atau tegas terhadap orang-orang kafir, tetapi saling menyayangi di antara sesama mereka,” ujarnya.

“Bermacam-macam suku, ras umat Islam tetap menjaga silaturahmi agar kuat, sebab Allah telah berjanji kepada orang beriman dan beramal saleh,” tambah Abu Bakar.

Ia mengajak umat Islam untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang akan tiba ini untuk menguatkan dan menjalin silaturahmi kepada saudara-saudara yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami berharap umat Islam selalu eratkan barisan, karena kegiatan Tabligh Akbar tahun ini tidak seperti dahulu dengan kondisi pendemi Covid-19. Janganlah biarkan ukhuwah Islamiyah terpecah bela karena masalah sepele, semoga di bulan suci Ramadhan ini kita dapat melaksanakan ibadah dengan khusyu,” tambah Abu Bakar.

Untuk pertama kalinya, Jamaa’ah Muslimin (Hizbullah) menyelenggarakan Tabligh Akbar virtual, acara yang disiarakan oleh Al-Jama’ah TV, Minanews.TV dan Rasil TV.

Di masa sebelum pandemi Covid-19, Tabligh Akbar biasanya diadakan secara terpusat di satu tempat seperti di Cileungsi, Jawa Barat dan Muhajirun, Lampung Selatan, yang dihadiri jamaah dari tanah air dan luar negeri.

Tabligh akbar virtual tersebut diikuti jamaah dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri seperti Thailand, Filipina, Nigeria, Sudan, Palestina dan Malaysia.

Dengan menghadirkan pembicara utama yakni: Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur, Pembina Jaringan Ponpes Al-Fatah KH. Abul Hidayat Saerodjie, Dosen Universitas USIM Malaysia Dr. Abdul Malik, dan Pengasuh Ponpes Al-Fatah Maos Arif Hizbullah, M.A.. Pembawa acara dibawakan oleh Sekretaris Redaksi MINA Widi Kusnadi. (L/R4/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.