Ulang Tahun Fatah ke-58: Abbas Serukan Dialog Politik Nasional

Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (Foto file - Anadolu Agency)

Ramallah, MINA – Presiden Palestina pada Sabtu (31/12) menyerukan dialog politik nasional, dalam pidato yang disiarkan pada peringatan 58 tahun berdirinya gerakan politik Fatah yang dipimpinnya.

Abbas menyampaikan pernyataannya dalam rekaman pidato yang disiarkan oleh stasiun resmi TV Palestina, yang juga muncul hanya dua hari setelah pemerintah sayap kanan baru Israel mengambil alih kekuasaan.

“Kami menyeru semua orang untuk dialog politik nasional Palestina yang komprehensif dalam waktu dekat, untuk bekerja, mengatasi masalah dan mengambil tanggung jawab bersama dan bergerak menuju pencapaian tujuan rakyat kami,” kata Abbas, The New Arab melaporkan.

“Lima puluh delapan tahun setelah dimulainya revolusi, Palestina masih kokoh, bangga dengan sejarahnya, masa kini, dan rakyatnya yang tangguh,” katanya.

“Kami mengatakan kepada penjajah, semakin besar tirani Anda, semakin kuat rakyat kami, bertekad dan gigih dalam menghadapi agresi dan terorisme Anda, dan dalam mempertahankan tanah mereka dan hak nasional yang sah,” tegasnya.

Seruan untuk dialog politik nasional muncul meskipun terjadi keretakan antara Fatah dan saingan utamanya, Hamas, yang menguasai Jalur Gaza yang diblokade dan merayakan ulang tahun ke-35 pendiriannya pada bulan Desember. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.