Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Umat Islam Banjarnegara Lakukan Aksi Long March Bela Palestina

Zaenal Muttaqin - Ahad, 23 Juni 2024 - 19:51 WIB

Ahad, 23 Juni 2024 - 19:51 WIB

21 Views

Banjarnegara, MINA – Ribuan umat Islam di Banjarnegara, Jawa Tengah turun ke jalan menggelar aksi damai peduli Palestina dengan long march dan orasi di Kota Banjarnegara, Ahad (23/6/2024).

Peserta aksi merupakan gabungan dari berbagai ormas Islam dan majelis taklim yang tergabung dalam Forum Banjarnegara Peduli Palestina.

Aksi dimulai di depan Masjid An Nuur Banjarnegara, kemudian berlanjut dengan long march, dari depan SMPN 1 Banjarnegara dan finish di depan Kantor Sekda Komplek Alun-Alun Banjarnrgara.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan, dilanjutkan dengan long march dan orasi para tokoh disertai penggalangan dana dan doa bersama.

Baca Juga: Delegasi Indonesia Walk Out saat Netanyahu Pidato di PBB

Long march di barisan terdepan pasukan berkuda, mobil komando dan diikuti oleh massa aksi.

Ketua panitia aksi, Totok Mustofa mengatakan, aksi digelar sebagai bentuk solidaritas dan peduli kemanusiaan untuk Palestina yang terjajah.

“Terjajah, tertindas bahkan lebih kejamnya lagi warga yang dibantai adalah para pengungsi yang mereka sasar, bukan lagi para pejuang, tetapi pengungsi,” katanya saat dihubungi MINA.

Ia mengungkapkan, ada seribu lebih peserta yang mengikuti aksi tersebut.

Baca Juga: Seluruh Wilayah Jakarta Diprediksi Hujan Ringan Sabtu Hari ini

“Donasi yang dikumpulkan sampai dengan aksi kurang lebih sekitar Rp60 juta, tapi belum final karena yang melalui transfer belum direkap,” ungkapnya.

Kata dia, aksi warga Banjarnegara ini akan terus digelar sampai Palestina merdeka.

“Masih ada aksi-aksi selanjutnya sampai dengan Palestina merdeka,” katanya.

Saat long march para peserta mengusung berbagai tulisan dalam bentuk pamflet, juga spanduk yang dibentangkan dengan herbagai tulisan. Di antaranya “Indonesia For Rafah”, “jangan ngaku anak muda kalo tidak bela Palestina”, “Viva La Palestine”, “Free Palestine”, “Rafah ora goyah”, “Save Children”, “Israel the real enemy”, “All eyes on Rafah”, dan “Israel is the real teroris”.

Baca Juga: Kualitas Udara Jakarta Jumat 20 September Berkategori Tidak Sehat

Aksi berjalan lancar dan aman, meski begitu puluhan petugas Kepolisian dari Polres Banjarnegara, turut mengamankan jalannya kegiatan tersebut. []

Mi’raj News Agency (MINA) 

Baca Juga: Kemenag Susun KMA Sertifikasi Pembimbing Manasik

Rekomendasi untuk Anda

Eropa
Palestina
Palestina
Internasional
Indonesia
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
Indonesia