SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

UMKM Didorong Lakukan Transformasi Digital

Rana Setiawan - Sabtu, 29 Juni 2024 - 04:32 WIB

Sabtu, 29 Juni 2024 - 04:32 WIB

3 Views

Jakarta, MINA – Kemajuan teknologi saat ini mendorong berbagai usaha bisa mendunia, termasuk usahan mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Melakukan transformasi digital menjadi kata kunci kemajuan suatu usaha.

“Kunci kemajuan UMKM di era teknologi saat ini adalah melakukan transformasi digital. Bila tidak, maka UMKM akan ketinggalan,” kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jakarta, Diana Dewi dalam keterangan pers, Jumat (28/6).

Diana mengatakan, saat ini banyak sekali platform digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM. Mulai dari media sosial, berbagai macam software marketing, hingga paling gres teknologi Artificial Intelligence (AI).

“Kita bisa memilih salah satu ataupun menggunakan semuanya demi kemajuan usaha yang kita jalani,” tuturnya.

Baca Juga: Hadir di Cirebon, Kafe Sosial Pedjuang Tawarkan Tempat Ngopi dan Diskusi Nyaman

Survei dari Statista di 2019, Indonesia menduduki peringkat ke-5 negara pengguna internet terbanyak di dunia. Itu artinya, potensi digital begitu besar di negara ini. Bahkan, pandemi Covid-19, menjadi pematik bisnis UMKM masuk ruang-ruang digital untuk memasarkan berbagai produknya.

“Kini saatnya, pelaku usaha UMKM masuk ranah digital. Memanfaatkan teknologi agar bisa naik kelas,” kata Diana.

Dia menyebutkan, ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh UMKM dengan melakukan transformasi digital, antara lain: menjangkau konsumen lebih luas dengan potensi biaya yang lebih terjangkau, peluang meningkatkan pendapatan usaha, memiliki opsi pembayaran yang lebih beragam.

Selain itu, kemudahan dalam pencatatan transaksi penjualan dan minimalisir human error dalam operasional usaha.

Baca Juga: Karakter Pengusaha Muslim

Guna mencapai hal tersebut, lanjut Diana, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yakni:

Optimalisasi peran media sosial dan market place sebagai alat promosi usaha
Menggunakan software penjualan untuk membantu operasional seperti analisa data, rekap penjualan, atau manajemen invetori.

Secara berkala mengadakan penawaran menarik pada momen tertentu seperti perayaan hari besar nasional atau keagamaan, tanggal kembar, dan sebagainya
Menjaga interaksi dengan pelanggan dengan tetap terbuka terhadap setiap kritik dan masukan yang disampaikan melalui kanal digital.

“Saya mendorong UMKM di Indonesia, terkhusus di Jakarta agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai teknologi digital yang ada agar segera naik kelas dan bisa ikut bersaing di kancah global,” ujar Diana.

Baca Juga: Ini 5 Muslimah Indonesia Sukses Jadi Pengusaha Fashion

Selama ini, Kadin Jakarta secara konsisten memberikan pelatihan digital kepada para pelaku UMKM.

“Kami berharap melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan secara kontinu, UMKM bisa melakukan transformasi digital sehingga usahanya bisa terus naik kelas,” pungkas Diana Dewi.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: MCEBI Muhammadiyah Aisyiyah Perluas Kerjasama Jaringan Inkubator Wirausaha

Rekomendasi untuk Anda

Haji 1445 H
MINA Preneur
Indonesia
Artikel
Dunia Islam