Undang Media Islam, Kemenag Adakan Workshop Jurnalistik

Jakarta, 12 Muharram 1438/13 Oktober 2016 (MINA) – Ditjen Kementrian Agama () RI mengadakan Workshop Jurnalistik ‘Peningkatan Kualitas Penulisan Pemberitaan Website’ di Hotel Lumire Jakarta hari ini, Kamis 13 Oktober hingga Sabtu 15 Oktober 2016 mendatang.

Kemenag melihat, sekarang ini banyak berita-berita dari media umum maupun Islam seperti tidak lagi berimbang, menyudutkan sebelah pihak juga terdapat berita yang memprovokasi ke arah yang tidak baik. Ini menjadi alasan mengapa kegiatan itu diselenggarakan.

“Dengan (acara) ini semoga bisa dirubah, menggunakan media untuk unsur yang baik,” ujar Dirjen Bimas Islam Machasin saat pembukaan kegiatan, Kamis (13/10) sore, demikian Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkannya.

Ia menjelaskan, berita tidak baik yang dimaksud itu seperti isi penulisan berita dan opini yang disajikan tidak dari keseluruhan fakta, dan berbumbu emosi sehingga menciptakan sudut pandang yang buruk. Dalam pemberitaan soal Islam misalnya, tambah Machasin, banyak sekali berita yang jelek ketimbang yang baik.

Menurutnya, berita semacam itu tidak hanya berasal dari media umum, bahkan banyak juga dari itu sendiri yang terkesan memprovokasi dan menyerang orang lain.

“Saya selalu mencatat website yang selalu memberitakan seperti itu, ini bukannya membela Islam, justru mencoreng muka Islam,” ujar Machasin.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa ada lebih dari 20.000 situs yang konten beritanya tidak memberikan kebaikan kepada pembaca, tapi mengajak kepada emosi. Sementara yang menyajikan isi berita yang baik dan mengajak berfikir hanya sedikit, sekitar kurang dari 1.000.

Workshop jurnalistik tersebut diikuti puluhan peserta dari 28 utusan dari beberapa media Islam di Indonesia, diantaranya Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Balitbang Kemenag, NU Online, BAZNAS, Muhammadiyah, Muslimdaily.net,  Merdeka.com, Jakarta Islamic Centre, halalcorner dan sebagainya. Diharapkan setelah diadakannya kegiatan ini, para pelaku media Islam khususnya bisa membuat citra Islam jadi lebih baik. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.