Undangan Moskow kepada Hizbullah Punya Arti Khusus

Bendera Hizbullah Lebanon. (Foto: dok. Nahar Net)

Beirut, MINA – Anggota parlemen Lebanon dari blok Hizbullah, , mengunjungi untuk berpartisipasi dalam Konferensi Keamanan Internasional yang diadakan pada 23-25 April lalu, demikian Nahar Net melaporkan.

Undangan Pemerintah terhadap Hizbullah ke Moskow mempunyai arti khusus, kata harian Lebanon Al-Joumhouria pada Rabu (1/5).

Harian itu mengatakan, kehadiran Fayyad di Moskow “memiliki arti khusus karena ini bukan pertama kalinya Moskow mengundang” Hizbullah berpartisipasi dalam konferensi tentang masalah keamanan, yang mencerminkan minat pemimpin Rusia dalam peran Hizbullah di tingkat regional dan lokal.

Rusia dan adalah dua sekutu Suriah dalam memerangi pemberontakan di negara Arab tersebut.

Disebutkan pula bahwa kebijakan Amerika Serikat (AS) terhadap mereka adalah “faktor pemersatu bagi keduanya di lebih dari satu level.”

“Sinyal positif” Moskow terhadap Hizbullah juga tergambar ketika Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov menerima Fayyad selama satu jam setengah, setelah dijadwalkan pertemuan hanya setengah jam.

Al-Joumhouria mengatakan, keduanya mengadakan diskusi komprehensif tentang situasi di Lebanon dan Timur Tengah, termasuk tentang krisis orang-orang terlantar di Lebanon dan apa yang disebut “Kesepakatan Abad Ini” milik Presiden AS. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.