Uni Afrika Sambut Kesepakatan Rekonsiliasi Hamas-Fatah

Foto: Alray Palestinan

Gaza, (MINA) – Ketua Komisi (AU) Moussa Faki Mahamat menyambut baik kesepakatan Palestina antara Faksi dan .

Dalam siaran persnya, Faki mengucapkan selamat kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan semua pihak terkait lainnya atas pencapaian ini.

Uni Afrika sangat memuji Mesir karena perannya yang penting dalam memfasilitasi kesepakatan rekonsiliasi, mendorong untuk melanjutkan upayanya. Demikian Alray Palestinan Media Agency melaporkan dikutip Miraj News Agency (MINA),

Faki mengungkapkan, harapannya untuk “implementasi penuh kesepakatan tersebut, terutama langkah-langkah yang disepakati untuk memungkinkan pemerintah Palestina memikul tanggung jawabnya di Gaza. Senin.

Dia juga menekankan solidaritas Uni Afrika dengan rakyat Palestina untuk menjalankan hak-hak mereka yang tidak dapat dicabut, serta komitmennya terhadap solusi dua negara, sesuai dengan resolusi dan resolusi Dewan Keamanan yang relevan.

Perlu dicatat bahwa Palestina memperoleh status “anggota pengamat” di Uni Afrika pada 1973.

Sebelumnya pada Kamis, partai-partai rival Hamas dan Fatah menandatangani perjanjian rekonsiliasi di Kairo, di bawah naungan intelijen Mesir.

Perjanjian tersebut mengatur agar Pemerintah Konsensus dapat mengambil tanggung jawab penuh dalam mengelola urusan Jalur Gaza, seperti di Tepi Barat, pada 1 Desember mendatang untuk menghapus semua masalah yang diakibatkan oleh perpecahan kedua faksi itu. (T/R03/P2)

Miraj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.