Uni Eropa Alokasikan 600 Juta Euro untuk Pengungsi di Turki

Brussel, MINA – Uni Eropa pada Kamis (31/10) mengumumkan alokasi 600 juta Euro tambahan untuk program bantuan keuangan yang mendukung para pengungsi di Turki.

Komisi Eropa mengatakan, dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah memberikan jumlah tersebut sebagai alokasi tambahan untuk kartu-kartu yang didistribusikan oleh Bulan Sabit Merah Turki untuk para pengungsi, di bawah Program Bantuan Kerukunan Sosial yang diawasi oleh Bulan Sabit Merah dan Program Pangan Dunia PBB, MEMO melaporkan.

Komisi menunjukkan, 63 juta Euro lainnya dialokasikan untuk memastikan kelanjutan berbagai proyek di bidang layanan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan, sehingga total alokasi keuangan baru untuk para pengungsi Suriah di Turki menjadi 663 juta Euro.

Program Bantuan Kerukunan Sosial menyediakan bantuan keuangan untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga yang tinggal di Turki di bawah status yang dilindungi internasional dan sementara.

Ini memungkinkan keluarga miskin yang tinggal di luar kamp menerima 120 Lira Turki (sekitar 22 Dolar AS) per bulan dengan kartu Bulan Sabit Merah.

Pada KTT Turki-UE 29 November 2015, Uni Eropa menjanjikan dana  3 miliar Euro untuk warga Suriah di Turki.

Pada KTT Turki-Eropa 18 Maret 2016, Uni Eropa memutuskan untuk mengalokasikan tambahan 3 miliar Euro untuk dana tersebut.

Kedua belah pihak memutuskan menghabiskan alokasi dana pada proyek-proyek yang akan dikembangkan untuk memenuhi kesehatan, pendidikan, infrastruktur, makanan, dan kebutuhan lain warga Suriah di Turki.

Namun, Turki menyesalkan UE tidak mengirim bantuan keuangan ke Suriah dengan cukup cepat. (T/Ast/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)