UNI EROPA ANCAM JATUHKAN SANKSI KEPADA ISRAEL

Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Kepala Federica Mogherini (Foto : Memo)
Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Kepala Federica Mogherini (Foto : Memo)

Brussels, 1 Sya’ban 1436/19 Mei 2015 (MINA) – Uni Eropa mengancam akan memberikan sanksi ekonomi dan diplomatik terhadap Israel, jika Israel tidak memulai kembali pembicaraan perdamaian dengan Palestina.

Menurut surat kabar Israel, Yedioth Ahranoth, masyarakat internasional telah memperbaharui kepentingannya dalam isu Palestina, ujar Direktur Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini.

Mogherini dijadwalkan tiba di Tel Aviv pekan depan, untuk bertemu dengan pejabat senior Israel, sebelum mengunjungi Ramallah untuk bertemu dengan pejabat senior Palestina.

Mogherini akan melaporkan mengenai hasil diskusinya dengan Kementerian Luar Negeri Uni Eropa.

Beberapa Kementeri luar negeri Eropa akan mengunjungi wilayah tersebut bulan ini, termasuk Menlu Norwegia Borge Brende dan Menlu Jerman FrankWalter Steinmeier,  sumber Middle East Monitor (MEMO) melaporkan, Selasa (19/5).

Baca Juga:  Hotel di Jepang Tolak Turis asal Israel

Uni Eropa beberapa kali menyuarakan keyakinan bahwa Israel bertanggung jawab atas dimulainya kembali perundingan damai dan harus menanggung akibatnya kalau proses tersebut tidak dilanjutkan.

Perkembangan hubungan antara Uni Eropa dan Israel dan Palestina terkait dengan sejauh mana komitmen mereka terhadap proses perdamaian,” tegas Brussels.

Beberapa kalangan diplomatik percaya bahwa Uni Eropa telah menyiapkan daftar sanksi yang akan dikenakan pada Israel, berdasarkan permintaan dari parlemen Uni Eropa.

Setelah pembentukan pemerintah koalisi baru Israel yang dipimpin PM Benjamin Netanyahu, beberapa badan internasional telah menyatakan pesimisme mereka tentang masa depan proses perdamaian dan solusi dua negara.

Presiden AS, Barack Obama mengatakan, bahwa kabinet baru Israel tidak percaya pada solusi dua negara, dan bahwa mencapai perdamaian tampaknya telah menjadi kemungkinan kecil. (T/P002/P4)

Baca Juga:  Hotel di Jepang Tolak Turis asal Israel

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Comments: 0