Uni Eropa Bantu Pengungsi Palestina Senilai Rp3,9 T

Brussels, MINA – Uni Eropa mengumumkan membantu para pengungsi Palestina sejulah €261 juta (senilai Rp3,9 trilun lebih) melalui Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Komisi Eropa memberikan bantuan sebagai kontribusi multitahunan untuk penyediaan layanan penting bagi pengungsi Palestina. Demikian keterangan The European Commission, seperti dikutip MINA, Rabu (10/8).

Donasi sejalan dengan Deklarasi Bersama UE-UNRWA 2021-2024, yang mencakup pendanaan tiga tahun UE untuk UNRWA dengan total €246 juta, ditambah €15 juta untuk fasilitas ketahanan pangan, guna mengatasi kerawanan pangan dampak perang Rusia-Ukraina.

Perwakilan Tinggi/Wakil Presiden UNRWA, Josep Borrell, mengatakan, “Uni Eropa sebagai mitra jangka panjang UNRWA berkomitmen untuk melanjutkan dukungan politik dan keuangan untuk kegiatan UNRWA. Ini penting untuk memberikan perlindungan yang diperlukan dan layanan penting bagi pengungsi Palestina, mendukung perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.”

UE akan terus mendukung UNRWA di semua bidang operasinya, termasuk di Yerusalem Timur.

“Dukungan kami kepada UNRWA adalah elemen kunci dalam strategi kami untuk berkontribusi pada promosi keamanan, stabilitas, dan pembangunan di kawasan, yang juga membantu menjaga prospek perdamaian berkelanjutan antara Israel dan Palestina,” lanjutnya.

Komisaris Uni Eropa untuk Lingkungan, Oliver Várhelyi, mengatakan, “Kami tetap menjadi mitra yang andal, dan donor utama UNRWA. Negara lain perlu melangkah dan bergabung dengan UE dalam menyediakan pendanaan multitahunan. “

“Kami akan terus bekerja dengan UNRWA untuk memperkuat sistem tata kelola keuangan dan membantu meningkatkan transparansi dan manajemen yang baik. Kami juga tetap berkomitmen kuat untuk mempromosikan pendidikan berkualitas bagi anak-anak Palestina sesuai standar UNESCO dalam semua materi pendidikan,” lanjutnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)