Uni Eropa Sediakan 13 Juta Euro Bantu RS Yerusalem Timur

(Foto: File)

Ramallah, MINA – Uni Eropa menyediakan 13 juta Euro untuk membantu Rumah Sakit (RS) Yerusalem Timur mempertahankan layanan medis penting bagi orang-orang Palestina.

Uni Eropa pada hari Senin (23/10) mengatakan, pihaknya mendukung Jaringan Rumah Sakit Yerusalem Timur untuk tetap beroperasi dan memberikan perawatan penting bagi ribuan pasien dari Tepi Barat dan Gaza. Rumah sakit ini termasuk beberapa institusi fungsional Palestina yang tersisa di Yerusalem Timur.

Rumah Sakit Yerusalem Timur seperti dilaporkan Palestine News Network (PNN) yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA), menghadapi masalah pendanaan yang membahayakan operasinya. Uni Eropa termasuk di antara para donor yang merespons sejak tahun 2012 dengan kontribusi rutin yang telah mencapai lebih dari 90 juta Euro.

Tanggapan Uni Eropa mencerminkan pentingnya menempatkan layanan yang diberikan oleh Rumah Sakit Yerusalem Timur kepada semua orang Palestina, termasuk dari Gaza dan Tepi Barat.
Rumah sakit merupakan bagian integral dari sistem perawatan kesehatan Palestina yang menyediakan layanan khusus yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

“Uni Eropa berkomitmen untuk mendukung Jaringan Rumah Sakit Yerusalem Timur. Tidak diragukan lagi bahwa Uni Eropa prihatin dengan kesejahteraan orang-orang Palestina. Kami, oleh karena itu, bekerja bahu membahu untuk mempertahankan dan mempertahankan akses terhadap layanan medis oleh semua orang Palestina,” kata Perwakilan Uni Eropa Ralph Tarraf.

Katanya pula, sangat penting bahwa institusi Jerusalem Timur tetap bertahan. Itu penting untuk pembangunan Negara Palestina merdeka di masa depan di mana warga negara menikmati akses terhadap layanan medis yang terjamin.

Perlu diketahui, sebagian besar bantuan Uni Eropa kepada Otoritas Palestina disalurkan melalui PEGASE, mekanisme keuangan diluncurkan pada tahun 2008 untuk mendukung Rencana Reformasi dan Pembangunan Otoritas Palestina (PA) dan rencana agenda nasional Palestina berikutnya.

Serta membantu memenuhi sebagian besar biaya operasionalnya, dana Eropa mendukung program reformasi dan pengembangan utama di kementerian utama, untuk membantu mempersiapkan PA untuk kenegaraan.

Sejak Februari 2008, hampir 2,3 miliar telah dicairkan melalui program PEGASE Direct Financial Support. Selain itu, Uni Eropa telah memberikan bantuan kepada rakyat Palestina melalui UNRWA dan berbagai proyek kerjasama.

Rumah Sakit Yerusalem Timur berfungsi sebagai pusat perawatan khusus dalam sistem kesehatan Palestina. Pasien yang membutuhkan layanan dan prosedur yang tidak tersedia di Tepi Barat dan Gaza – seperti onkologi spesialis, perawatan ginjal dan operasi jantung – dirujuk untuk perawatan di fasilitas Jaringan Rumah Sakit Yerusalem Timur oleh Kementerian Kesehatan Palestina.

Ada enam institusi kesehatan di Yerusalem Timur: Rumah Sakit Augusta Victoria, Rumah Sakit Makassed, Rumah Sakit St Joseph, Rumah Sakit Mata St John, Rumah Sakit Bersalin Bulan Sabit Merah Palestina dan Pusat Rehabilitasi Putri Basma. (T/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)