Uni Eropa Siap Bantu ASEAN Tangani Virus Corona

Brussels, MINA – Uni Eropa (UE) menyatakan kesanggupannya dalam membantu penanganan pandemik virus Corona atau Covid-19 yang menghantam beberapa negara di ASEAN.

Hal tersebut disampaikan saat pertemuan ASEAN-Uni Eropa Senior Officials di Brussel, Belgia tanggal 10-11 Februari 2020, demikian dikutip dari laman resmi Kemlu RI, Kamis (13/2).

Komitmen UE tersebut akan diwujudkan dalam bentuk pengiriman tenaga medis, bantuan peralatan medis hingga pertukaran informasi dan pengalaman antara para ahli virologis guna mencari solusi medis yang dibutuhkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan status virus corona ini sebagai Darurat Kesehatan Global.

Sejauh ini, 25 negara telah mengonfirmasi temuan kasus virus corona, sebagian negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, Vietnam, Kamboja, dan Vietnam.

Sementara itu, jumlah orang yang meninggal akibat terinfeksi Covid-19 di seluruh dunia per Kamis (13/2) melonjak menjadi 1.357 orang, satu korban meninggal berada di Filipina.

Uni Eropa merupakan mitra ASEAN sejak 1977 dan kedua pihak telah mengembangkan berbagai kerja sama di bidang politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

UE juga aktif mendukung integrasi ASEAN dan upaya membangun komunitas ASEAN. Untuk tahun 2018-2022, kerja sama kemitraan ASEAN dan Uni Eropa telah memiliki Rencana Aksi untuk periode 2018-2022, lebih dari 50 persennya telah terlaksana.ASEAN dan Uni Eropa. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)