Uni Eropa Siapkan Bantuan 79 Juta Euro untuk Yaman

Brussels, MINA – Komisi Eropa menjanjikan bantuan € 79 juta (Rp1,2 triliun) untuk mendukung Yaman, yang dilanda perang selama lebih dari empat tahun.

Bantuan untuk mendukung layanan kesehatan, akses air, makanan, pendidikan, juga untuk meningkatkan mata pencaharian warga. Yeni Safak melaporkan, Jumat (8/11).

“Selain bantuan kemanusiaan Uni Eropa kepada rakyat Yaman, investasi dalam pembangunan juga sangat penting,” kata Neven Mimica, Komisaris EU untuk Kerjasama dan Pengembangan Internasional.

Mimica mengatakan, Yaman adalah negara yang dilanda konflik, tetapi juga negara yang penuh ketahanan dan kewirausahaan.

Ia menambahkan, dukungan itu melengkapi bantuan kemanusiaan Uni Eropa kepada rakyat Yaman sebesar € 440 juta (Rp6,79 triliun) sejak 2015.

Baca Juga:  Ana/Tiwi Satu-satunya Wakil Indonesia Tembus Final Thailand Open 2024

Pada hari Selasa (5/11), pemerintah Yaman dan Dewan Transisi Selatan (STC) yang didukung Uni Emirat Arab menandatangani kesepakatan untuk mengakhiri konflik beberapa kota di selatan, termasuk Aden.

Yaman telah dilanda oleh kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk Sanaa. Krisis meningkat pada tahun 2015 ketika koalisi militer pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara yang menghancurkan, yang bertujuan untuk menumbangkan teritorial Houthi.

Sejak itu, puluhan ribu warga Yaman, termasuk banyak warga sipil, diyakini telah terbunuh dalam konflik itu, sementara 14 juta lainnya berisiko kelaparan, menurut PBB. (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)