Uni Eropa Tak Akui Dewan Militer di Sudan

 

 

Brussels, MINA – tidak akan mengakui legitimasi Transisi (TMC) di , kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini, pada hari Selasa (16/4).

“Selama masa transisi tidak dikelola oleh warga sipil, Uni Eropa tidak akan mengakui legitimasi Dewan Militer Transisi,” kata Federica Mogherini pada sesi pleno Parlemen Eropa tentang situasi di Sudan, menurut sebuah pernyataan, seperti dilansir MEMO.

Namun demikian Mogherini mengatakan, Dewan  telah mengambil beberapa langkah “niat baik” termasuk penggantian pimpinan  Dewan Militer Transisi, pengunduran diri Kepala Layanan Nasional dan Keamanan serta pembebasan beberapa tahanan politik.

“Langkah-langkah ini telah mengisyaratkan bahwa mungkin ada ruang untuk negosiasi,” tambahnya.

Ia juga mendukung seruan Uni Afrika untuk penyerahan kekuasaan kepada otoritas transisi yang dipimpin warga sipil dalam 15 hari ke depan.

Pekan lalu, tentara Sudan menggulingkan Presiden Omar al-Bashir setelah berbulan-bulan protes terhadap kekuasaannya selama 30 tahun.

Dewan Militer Transisi (DMC) didirikan tidak lama setelah kudeta itu, untuk menjalankan urusan negara selama periode transisi dua tahun. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.