Uni Eropa Tawarkan Bantuan untuk Penyelenggaraan Pemilu Palestina

Brussel, MINA – Duta Besar Palestina untuk Uni Eropa, Abdul Rahim Al-Farra, mengatakan Uni Eropa menawarkan bantuan keuangan dan logistik untuk mengadakan pemilihan umum Palestina.

Saat wawancara dengan Radio Voice of Palestine pada Kamis (1/10) Al-Farra mengatakan, Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan, Josep Borrell menyatakan hal ini dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas,  MEMO melaporkan.

Al-Farra menambahkan, dalam pembicaraan tersebut Borrell menegaskan kembali posisi UE mengenai masalah Palestina.

Ia menegaskan dukungan untuk mendirikan negara Palestina di perbatasan 1967 sesuai dengan solusi dua negara, serta penolakannya terhadap konsep ‘Kesepakatan Abad iIni’ dan pemukiman ilegal Israel.

Pejabat UE tersebut juga menyampaikan dukungan untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional, sesuai dengan gagasan Abbas, jelas Al-Farra.

Dua faksi terbesar Palestina, Fatah dan Hamas sepakat untuk mengadakan pemilu pertama di Palestina setelah pemilu terakhir hampir 15 tahun lalu.

Pemungutan suara dijadwalkan dalam enam bulan ke depan,  di bawah kesepakatan Pemimpin Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas dan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniya.

kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan yang diadakan di Istanbul, Turki, setelah Abbas meminta Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan  mendukung upaya rekonsiliasi Palestina dalam upaya menyatukan barisan Palestina menghadapi rencana Timur Tengah AS dan  normalisasi antara dua negara Arab – Uni Emirat Arab dan Bahrain dengan Israel. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)