Uni Eropa Tolak Pemindahan Kedubes Manapun ke Al-Quds

Komisaris Hubungan Luar Negeri Uni Eropa .

Al-Quds, 27 Rabi’ul Akhir 1438/26 Januari 2017 (MINA) – Komisaris Hubungan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini menyuarakan penolakannya terhadap rencana pemindahan kedutaan negara manapun ke Kota Al-Quds (Yerusalem).

Pernyataan Mogherini mengacu kepada pemindahan kedutaan Amerika Serikat () dari Tel Aviv ke Al-Quds, demikian Pusat Info (PIP) melaporkan.

Mogherini menegaskan bahwa pihaknya sedang mengerahkan segenap upaya untuk menyampaikan bahaya langkah (pemindahan kedutaan) seperti ini ke pihak Amerika dan , tanpa kecuali.

Hal tersebut disampaikan Mogherini dalam pertemuan dengan Menlu Palestina Riyad Al-Maliki. Menurut Mogherini bahwa langkah seperti ini akan memiliki konsekuensi serius terhadap proses perdamaian secara keseluruhan dan stabilitas di kawasan.

Dia menyatakan dukungannya secara penuh kepada Palestina berkaitan dengan langkah-langkah menuju keberhasilan perjanjian kemitraan penuh dengan Uni Eropa.

Sementara itu, Menlu Palestina Riyad Al-Maliki menyerukan kepada Mogherini untuk mengerahkan semua upaya guna mencegah Israel melaksanakan keputusannya untuk merampas wilayah-wilayah Palestina.

Al-Maliki meminta adanya dukungan politik kepada Pemerintah Persatuan Palestina untuk mewujudkan pertumbuhan, perkembangan dan stabilitas di kawasan.

Mogherini menghimbau pentingnya melaksanakan rekomendasi konferensi Paris dan resolusi DK PBB 2334, yang mengecam permukiman Yahudi di tanah Palestina termasuk di Al-Quds Timur. (T/R06/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.