Universitas Al-Quds Kenalkan Aplikasi Deteksi Kanker Payudara

(Financial Tribunne)

, MINA – Universitas Al-Quds (AQU) pada hari Selasa (24/10) mengumumkan, bahwa dua perisetnya telah menemukan dan mengembangkan sebuah yang memungkinkan wanita untuk mendeteksi payudara hanya dengan mengambil foto dari mereka sendiri dengan hasil langsung.

AQU mengumumkan, Dr Zaidoun Salah dan Ir Yazid Al-Badarin telah menemukan sebuah aplikasi yang memungkinkan wanita untuk mendeteksi kanker payudara hanya dengan mengambil foto dari ponsel dan langsung dapat mengetahui hasilnya.

Berbeda dengan aplikasi mammogram yang hanya bisa dilakukan setiap dua tahun sekali, aplikasi yang telah dipatenkan ini memungkinkan wanita melakukan tes sendiri tanpa efek samping yang berbahaya. Salah mengatakan, aplikasi tersebut dan mammogram saling melengkapi satu sama lain.

“Kami telah bereksperimen menggunakan aplikasi tersebut pada tikus dan hasilnya sangat luar biasa. Ini mendorong kami untuk bereksperimen pada wanita di pusat medis Bethlehem,” kata Salah, yang memimpin Departemen Biologi di Universitas Al-Quds Bard seperti dilaporkan WAFA yang dikutip MINA.

Salah mengatakan, bahwa aplikasi deteksi kanker tersedia dan dapat digunakan berdasarkan hasil percobaan.

Dengan mengambil foto dari telepon mereka, aplikasi akan segera menganalisis tubuh wanita tersebut dan mengungkapkan gejala awal. Setelah itu, dia bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis, siapa yang akan melakukan tes lebih lanjut untuk mengetahui apakah tumor itu jinak atau tidak.

Belum lama ini Kementerian Kesehatan mengatakan, setiap 100.000 orang yang tinggal di Tepi Barat, 83,8 ditemukan kasus penderita kanker – 52,5% perempuan dan 47,5% laki-laki.

“Penemuan Palestina yang brilian ini tidak tidak sistematis namun hadir sebagai bagian dari upaya tanpa henti untuk berkontribusi penting pada perawatan masalah kesehatan secara nasional dan internasional,” kata Presiden Universitas Al-Quds, Imad Abu Kishek. (T/B05/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.