Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Universitas Mathla’ul Anwar Banten Selenggarakan Pelatihan Juru Sembelih Halal

Ali Farkhan Tsani Editor : Rudi Hendrik - 21 detik yang lalu

21 detik yang lalu

0 Views

Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten menyelenggarakan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) pada Rabu (11/9/2024) di Pandeglang, Banten. (Dok. UNMA)

Pandeglang, MINA – Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten menyelenggarakan pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) pada Rabu (11/9) di Pandeglang, Banten.

Pelatihah Juleha yang bermitra dengan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Mathla’ul Anwar diikuti 16 peserta,  perwakilan dari berbagai kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten.

Hadi Susilo, selaku Ketua Tim Peneliti dalam Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM), mengatakan, pelaksanaan pelatihan Juleha bertujuan menyiapkan sumber daya manusia terlatih, khususnya juru sembelih halal yang berstandar Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam mendukung Wajib Halal Oktober (WHO 2024) di Kabupaten Pandeglang.

Juleha berperanan penting dalam industri halal khususnya di bagian hulu, adanya Juleha akan memudahkan pelaku usaha yang menggunakan produk sembelihan hewan mudah didapat dan tersedia di masyarakat,” ujar Hadi.

Baca Juga: Pimpinan MINA dan MER-C Diskusi Peningkatan Sinergi

Ia menambahkan, Undang Undang Jaminan Produk Halal No 33 tahun 2014 menyebutkan bahwa semua produk yang beredar dan diperjualbelikan di wilayah di Indonesia wajib bersertifikat halal.

“Sertifikasi halal juga diwajibkan untuk hasil sembelihan dan jasa sembelihannya,” lanjutnya.

Hadir sebagai narasumber Direktur LPPOM MUI Banten, Dr. H. Rodani, M,Si, menyampaikan tentang Penyembelihan Hewan Halal Berbasis SKKNI, dan Dr. K.H. Endang Saeful Anwar, M.A, Sekretaris MUI Propinsi Banten dengan materi tentang Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal Berdasarkan Fatwa MUI.

Kegiatan dihadiri Wakil Rektor I UNMA Banten, Dr. Jihaduddin, M.Pd., Ketua LPPM UNMA Banten,  Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd., dan Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Pandeglang.

Baca Juga: Prediksi Cuaca Jakarta: Cerah Berawan dan Hujan Ringan Kamis Ini

Pelatihan Juleha ini merupakan Hibah PKM Lingkup Kemitraan Dengan Masyarakat DTPM Dikti 2024. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BRIN Dorong Inovasi Tangani Sampah Plastik di Laut

Rekomendasi untuk Anda