UNRWA : BLOKADE GAZA BISA SULUT PERANG BARU

 UNRWA : Blokade Gaza Bisa Buka Perang Terbaru (Foto : MEMO)
: Blokade Bisa Buka Perang Terbaru (Foto : MEMO)

Gaza, 25 Jumadil Awwal 1436/16 Maret 2015 (MINA) – Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk pengungsi Palestina (UNRWA) memperingatkan, blokade Israel yang terus berlangsung di Jalur Gaza, dapat menyulut perang baru di wilayah tersebut.

Dalam konferensi pers, Robert Turner, Direktur Operasional UNRWA di Gaza, mengatakan, pihaknya sangat prihatin atas blokade Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza dan keterlambatan wilayah itu.

Dia menjelaskan, kondisi di Jalur Gaza sangat buruk. “Perang akan dapat dihindarkan jika blokade itu dicabut dan Jalur Gaza direkonstruksi,” katanya, seperti dilaporkan Middle East Monitor (MEMO) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Turner menegaskan, UNRWA telah berusaha untuk memperbaiki kondisi di wilayah Gaza dan mengurangi jumlah pengungsi Palestina yang tinggal sementara di sekolah-sekolah di seluruh Gaza.

Dia meminta negara-negara pendonor untuk menghormati janji memberikan  sumbangan untuk rekonstruksi Gaza, seperti yang disepakati dalam konferensi di ibukota Mesir, Kairo, pada Oktober 2014.

Turner mengatakan, UNRWA berencana membangun 7.000 rumah di Gaza, namun dana yang tersedia hanya cukup untuk pembangunan 200 rumah saja.

Serangan terbaru Israel di Jalur Gaza selama 51 hari pada Juli dan Agustus tahun lalu, telah mengakibatkan ribuan rumah warga Palestina dan fasilitas umum mengalami kerusakan total atau sebagian.

Serangan itu juga telah menewaskan 2.160 warga Gaza dan lebih dari 11.000 lainnya terluka. (T/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0