Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

UNRWA: Lebih Dua Juta Warga Gaza Resiko Kematian Akibat Kehabisan Air 

Hasanatun Aliyah - Senin, 16 Oktober 2023 - 05:40 WIB

Senin, 16 Oktober 2023 - 05:40 WIB

3 Views

Para pelayat menghadiri pemakaman tujuh warga Palestina yang gugur dalam serangan udara Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan, 7 Agustus 2022. (Foto: Ashraf Amra)

Washington, MINA – Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) memperingatkan bahwa lebih dari dua juta warga di Jalur Gaza menghadapi risiko kehabisan air, yang dapat mengancam kematian.

“Air telah menjadi masalah hidup dan mati. Bahan bakar harus dikirim ke Gaza untuk menyediakan air bagi dua juta orang,” kata Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini dalam pernyataannya pada Ahad (15/10), Ma’an melaporkan.

Badan PBB tersebut mengindikasikan bahwa bantuan kemanusiaan belum diizinkan masuk ke Gaza selama seminggu akibat ancaman pendudukan Israel yang akan melakukan serangan bom, jika memaksa masuk.

Dia mengatakan bahwa Jalur Gaza kehabisan air bersih setelah pusat air dan jaringan air umum berhenti berfungsi karena diputus oleh pasukan pendudukan Israel.

Baca Juga: Al-Qasam Rilis Video Peledakan Terowongan yang Dimasuki Tentara Israel

Menurut UNRWA, hanya dalam 12 jam terakhir, ratusan ribu orang telah mengungsi. Gelombang pengungsian terus berlanjut seiring dengan perpindahan orang ke bagian selatan Jalur Gaza. Jumlah pengungsi mencapai hampir satu juta orang dalam waktu sepakan.

UNRWA mendesak otoritas pendudukan Israel untuk melindungi semua warga sipil yang berlindung di fasilitasnya di seluruh Jalur Gaza, termasuk mereka yang berada di Jalur utara dan Kota Gaza. Namun, Pendudukan masih terus melakukan serangan bom sebagai operasi Pedang Besi di wilayah tersebut.

Badan tersebut menjelaskan bahwa meskipun ada perintah untuk mengevakuasi lebih dari satu juta orang dari Gaza utara dan Kota Gaza ke Jalur selatan, banyak yang tidak dapat meninggalkan wilayah tersebut. Mereka tidak punya pilihan dan harus dilindungi setiap saat.

UNRWA menyatakan bahwa warga sipil, rumah sakit, sekolah, klinik, dan fasilitas PBB tidak dapat dijadikan sasaran, hal ini menunjukkan bahwa tempat penampungan mereka di Gaza dan Jalur Gaza utara tidak lagi aman, yang dianggap belum pernah terjadi sebelumnya. (T/R5/P1)

Baca Juga: UNWRA Bantah Klaim Israel Stafnya Meninggal Bersama Sinwar

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Ahli: Hamas Siap Lanjutkan Perlawanan Meskipun Sinwar Syahid

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina