Gaza: UNRWA Adakan Pekan Kegembiraan Atasi Trauma Anak-anak

Foto: MEMO

Gaza, MINA – Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat () mengadakan Pekan Kegembiraan Musim Panas Gaza 2022 bagi anak-, yang akan berlangsung dari 25 Juni hingga 28 Juli di 83 lokasi di Gaza.

Upacara peresmian dilaksanakan di SD UNRWA Jabalia Co-ed School B, dihadiri oleh Kepala Staf UNRWA Ben Majokodunmi, Wakil Direktur UNRWA Affairs Gaza Jennifer Austin, staf senior UNRWA, dan perwakilan dari organisasi masyarakat setempat.Dikutip dari MEMO, Selasa (28/6).

“Seperti semua anak di dunia, anak-anak pengungsi di Palestina memiliki hak untuk menikmati hak-hak dasar mereka untuk hidup, belajar, bermain di lingkungan yang aman, sehingga membantu mengatasi trauma mereka akibat blokade dan penghancuran selama bertahun-tahun, ” kata Wakil Direktur UNRWA Affairs Gaza Jennifer Austin.

“Bagi kami, memberikan dukungan psikososial yang diperlukan kepada anak-anak adalah prioritas utama,” lanjutnya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan UNRWA, setelah pada Mei 2021 di Jalur Gaza, konsekuensi psikologis dari paparan trauma terkait perang telah meningkat, membuat sekitar 42 persen anak-anak kelas satu yang disurvei di Gaza membutuhkan bantuan dukungan psikologis.

Bahkan setelah sembilan bulan, sekitar 35 persen dari anak-anak ini menderita trauma.

Summer Fun Weeks adalah salah satu usaha untuk membantu mengurangi efek psikologis dari siklus konflik yang berulang dan kondisi kehidupan yang sulit akibat blokade selama 15 tahun.

Lebih dari 120.000 anak pengungsi Palestina, termasuk anak-anak penyandang disabilitas, akan ambil bagian dalam kegiatan empat minggu di 83 lokasi UNRWA di seluruh Jalur Gaza.

Kegiatan meliputi berkebun, daur ulang, olahraga, menggambar dan kerajinan, membantu mempromosikan nilai-nilai sosial kepemimpinan, rasa hormat serta kerjasama.

Acara tersebut juga memberikan 2.750 kesempatan kerja jangka pendek bagi pengungsi Palestina yang terdaftar di UNRWA melalui Program Penciptaan Lapangan Kerja. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)