UNRWA: TAHUN AJARAN BARU DI PALESTINA DIMULAI TEPAT WAKTU

(Foto: ma'an)
(Foto: ma’an)

, 5 Dzulqa’dah 1436/20 Agustus 2015 (MINA) – Badan Bantuan dan Pemberdayaan PBB untuk Pengungsi () menyatakan, tahun ajaran baru 2015-2016 di Palestina akan dimulai tepat waktu.

Menurut rencana, pendidikan di Palestina akan dimulai pada 24 Agustus, di Yordania untuk warga pengungsi Palestina pada 1 September, Libanon 7 September, Suriah pada 13 September.

“Kami senang, tahun ajaran baru 2015/2016 UNRWA kembali dibuka,” kata Komisaris Jenderal UNRWA, Pierre Krahenbuhl, seperti dilaporkan International Middle East Media Center (IMEMC) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

UNRWA mengisyaratkan, mereka mengambil keputusan ini karena pendidikan adalah identitas dan harga diri pengungsi Palestina dan untuk kepentingan 500.000 pelajar yang mengandalkan penuh belajar kepada 700 sekolah milik UNRWA.

“Pendidikan adalah hak dasar anak-anak di seluruh dunia dan tidak boleh tahun ajaran mereka ditunda akibat kurangnya dana dan anggaran umum UNRWA. Lembaga PBB ini sendiri berusaha selama beberapa tahun belakangan mengatasi masalah itu,” kata Krahenbuhl..

Beberapa pekan terakhir, warga Palestina melakukan aksi protes terkait pendidikan di Palestina. “Kami mendengar dengan seksama keprihatinan rakyat Palestina, hal itu menjadi bukti mereka menunggu kinerja kami,” imbuhnya.

Bidang pendidikan sendiri adalah program utama dan paling penting bagi UNRWA, sehingga saat terkena krisis mereka langsung bekerjasama dengan seluruh negara tempat pengungsi Palestina tinggal dan negara anggota PBB dan negara donor UNRWA untuk mengatasi krisis defisit anggaran. Mereka pun merespon aduan UNRWA tersebut.

UNRWA juga berterimakasih kepada Saudi dan Kuwait serta Uni Emirat Arab yang menutupi separuh kekurangan anggaran tahun 2015 dan Amerika, Swiss, Inggirs, Norwedia, Swedia, Slovakia dan semua pihak yang menyelesaikan masalah kekurangan dana ini.

UNRWA mengatakan, kini jumlah sumbangan untuk UNRWA  mencapai 78,9 juta dolar  Amerika dari total yang dibutuhkan 101 juta dolar.

Daftar lengkap donor:

Kerajaan Arab Saudi: $ 19 juta (dikonfirmasi pada 12 Agustus)

Negara Kuwait: $ 15 juta (dikonfirmasi pada 17 Agustus)

Uni Emirat Arab: $ 15 juta (dikonfirmasi pada 18 Agustus)

Amerika Serikat: $ 15 juta (dikonfirmasi pada 18 Agustus)

Swiss: $ 5.150.000 (dikonfirmasi pada tanggal 30 Juli)

Inggris: $ 4.690.000 (dikonfirmasi pada 12 Agustus)

Norwegia: $ 2.440.000 (dikonfirmasi pada 6 Agustus)

Swedia: $ 1.700 juta (dikonfirmasi pada 19 Agustus)

Republik Slowakia: $ 50 juta (dikonfirmasi pada 25 Juli). (T/P011/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0