UNRWA TERIMA DANA BANTUAN TAMBAHAN UNTUK REKONTRUKSI GAZA

16703222
Adnan Abu Hasna, juru bicara UNRWA. (Foto: PIC)

Gaza, 9 Dzulhijjah 1436/23 September 2015 (MINA) – Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan, pihaknya telah mendapatkan dana bantuan tambahan untuk kebutuhan rekontruksi Jalur Gaza yang hancur akibat agresi Israel pada pertengahan musim panas tahun lalu.

“Kami telah mendapatkan dana bantuan pembangunan untuk 1.150 rumah-rumah yang rusak akibat serangan agresi Israel pada musim panas tahun lalu terhadap daerah-daerah yang diblokade,” kata Adnan Abu Hasna, juru bicara UNRWA dalam sebuah pernyataannya, Selasa (22/9) kemarin.

“Daftar rumah akan didata dalam sepekan ke depan. Ada 165 rumah lain sedang direkonstruksi. Kami telah merenofasi lebih dari 66.000 rumah yang mengalami rusak ringan,” imbuhnya, The Palestinian Information Center (PIC) dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa saat ini ada 9.000 rumah yang mengalami kerusakan ringan, sedang direnovasi dan 56.000 lainnya menunggu pencairan dana. “Dalam waktu dekat akan bisa ditempati,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa ada 430 rumah yang rusak berat telah selesai diperbaiki, 2000 rumah sedang direnovasi, dan 6.500 rumah lainnya menunggu penambahan dana.

Di akhir pernyataannya, Abu Hasna menyimpulkan bahwa langkah-langkah besar telah diupayakan untuk hal ini. Namun proses perbaikan berjalan sangat lambat dan minimnya pendanaan.

“Sampai saat ini, kami baru mendapatkan 30 persen dari total keseluruhan 724 juta dollar AS yang telah ditentukan sebelumnya pada Konferensi di Kairo,” pungkasnya. (T/ima/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0