Untuk Pertama Kalinya, PBB Peringati Nakba Palestina

New York, MINA – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Majelis Umum PBB memperingati , Senin (15/5).

“Tahun ini menandai peringatan 75 tahun pemindahan massal warga Palestina yang dikenal sebagai ‘Nakba’ atau ‘Malapetaka’,” kata PBB dalam pernyataan yang diposting di situs resminya.

“Komite PBB untuk Pelaksanaan Hak Rakyat Palestina (CEIRPP) akan memperingati 75 tahun Nakba di Markas Besar PBB di New York,” kata pernyataan itu.

“CEIRPP akan menyelenggarakan Pertemuan Khusus Tingkat Tinggi pada 15 Mei 2023, mulai pukul 10.00 hingga 12.30 (Waktu NY) di Ruang Konferensi 4,” tambah pernyataan itu.

“Acara Tingkat Tinggi akan dipimpin oleh Ketua Komite, Duta Besar Cheikh Niang,” lanjut pernyataan itu.

Sementara acara peringatan khusus akan diadakan di General Assembly Hall pada malam hari dari pukul 18.00 hingga 20.00 waktu New York.

“Acara ini akan menghidupkan perjalanan Palestina dan akan bertujuan untuk menciptakan pengalaman Nakba yang mendalam melalui musik live, foto, video, dan kesaksian pribadi,” tulis pernyataan itu.

“Ini adalah kesempatan untuk menyoroti bahwa tujuan mulia keadilan dan perdamaian, membutuhkan pengakuan realitas dan sejarah penderitaan rakyat Palestina dan memastikan pemenuhan hak-hak mereka yang tidak dapat dicabut,”. tambahnya. (T/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.