Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Upacara HUT RI ke-79 di IKN Sejarah Baru Bagi Indonesia

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - Sabtu, 17 Agustus 2024 - 14:11 WIB

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 14:11 WIB

42 Views

Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sabtu, 17 Agustus 2024. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

IKN, MINA – Keberhasilan pemerintah dalam menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Sabtu, 17 Agustus 2024 merupakan sejarah baru bagi Indonesia.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dengan sekitar 1.400 tamu undangan yang datang ke IKN. Mereka adalah menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju, tokoh agama dan budaya, hingga pekerja konstruksi sekitar proyek Nusantara.

Namun, tidak semua pembantu Presiden Jokowi diundang untuk ikut upacara 17 Agustus di halaman depan Istana Negara IKN. Sebagian berpartisipasi pada perayaan di Istana Merdeka Jakarta secara Hybrid.

Pemerintah Jokowi merencanakan sedemikian rupa pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke IKN. Rencana itu ditentang berbagai macam kelompok sipil karena kekhawatiran lingkungan hingga beban fiskal.

Baca Juga: Masjid Harun Keuchik Leumik: Permata Spiritual di Banda Aceh

Meskipun demikian sampai saat ini belum ada keputusan resmi pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Nusantara. Sebab Jokowi belum meneken surat keputusan presiden pemindahan Ibu Kota.

Jokowi sendiri mengatakan, pembangunan proyek IKN membutuhkan waktu 15 hingga 20 tahun.  Anggaran untuk IKN terus melonjak, seiring belum adanya realisasi investor asing.

Kementerian Keuangan mencatat, untuk HUT ke-79 RI saja pemerintah menghabiskan Rp 87 miliar, karena acara digelar di dua tempat. Padahal tahun sebelumnya di Jakarta, hanya Rp53 miliar. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Tiba di Aceh Jokowi Buka PON XXI dan Resmikan Jalan Tol

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia