Upayakan Akhiri Krisis Gaza, Menteri Negara-negara Arab Akan Kunjungi Tiongkok

Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan. (X@KSAMOFA)

Manama, MINA – Para menteri dari negara- dan Muslim akan mengunjungi pada Senin (20/11) sebagai bagian pertama dari tur yang bertujuan mengakhiri perang di Gaza, kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan.

Tur ini akan menjadi langkah pertama bagi Komite Kementerian Islam untuk melaksanakan keputusan yang dicapai pada KTT Arab-Islam yang diadakan di Riyadh awal bulan ini, kata Pangeran Faisal di sela-sela KTT Keamanan IISS Manama di Bahrain, dalam komentar yang diunggah oleh Kementerian Luar Negeri Saudi pada hari Sabtu (18/11) di media sosial X, Arab News melaporkan.

Para menteri akan mengunjungi beberapa ibu kota lainnya setelah Tiongkok untuk menyampaikan pesan kuat untuk segera mencapai gencatan senjata dan memfasilitasi masuknya bantuan kemanusiaan ke Gaza, kata menteri tersebut.

Pangeran Faisal berdiskusi dengan pejabat kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengenai perkembangan situasi di Gaza pada hari Sabtu.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan tersebut, ia mengatakan, meskipun terdapat kesepakatan dalam komunitas internasional mengenai pentingnya perdamaian, masih belum cukup perhatian yang diberikan terhadap perlunya gencatan senjata segera.

“Kami berharap suatu saat nanti kita dapat meluncurkan kembali upaya menuju perdamaian permanen dengan pembentukan negara Palestina yang akan menjamin keamanan bagi kita semua di wilayah tersebut, tetapi prioritasnya saat ini adalah mengakhiri pertempuran,” katanya. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.