Update: Jamaah Haji Indonesia Wafat Bertambah Jadi 719 Orang

Jakarta, MINA – Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado menyampaikan, jumlah yang wafat hingga Ahad (23/7) adalah sebanyak 719 orang.

“Jamaah yang wafat hingga tanggal 23 Juli 2023 pukul 24.00 WIB sebanyak 719 orang,” ujar Dodo dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (24/7).

Sementara itu, pada fase kepulangan jamaah, hingga 23 Juli 2023 pukul 24.00 WIB jamaah haji yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 135.475 orang, tergabung dalam 353 kelompok terbang (kloter).

Dodo mengatakan, Kemenag mengimbau jamaah haji agar menjaga kesehatan. Terlebih, suhu di Madinah hari ini berkisar antara 39 derajat celsius sampai dengan 44 derajat celsius.

Cuaca di Mekkah pun tidak kalah panasnya, dengan suhu berkisar antara 31 derajat celsius sampai dengan 43 derajat celsius.

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) Haji Kementerian Kesehatan, Liliek Marhaendra Susilo mengatakan, angka kesakitan dan kematian jamaah haji melonjak tajam saat prosesi Mina dan pasca Armina.

Tingginya angka kematian tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti tingginya jumlah jamaah haji lansia dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, tingginya jamaah haji risti (75 persen dari kuota jamaah) dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan terjadinya insiden pemicu. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.