Urgensi Pekan Budaya Palestina

Oleh : Ali Farkhan Tsani, Wartawan MINA (Mi’raj News Agency)

Perpustakaan Nasional Qatar (QNL) mengumumkan pembukaan (al-Usbu’ ats-Tsaqafi al-Filistini /  Palestine Cultural Week) bertema “Kehidupan yang Layak di Bumi,” yang dijadwalkan berlangsung 8-12 Agustus 2021.

Berbagai kegiatan pun diagendakan, mulai dari penampilan seni, sastra, aneka makanan Palestina, dan banyak lagi. Kegiatan tersebut akan mencakup pembacaan buku, pemutaran video tentang Masjid Al Aqsa, dan sesi tentang sejarah keffiyeh Palestina, dan film dokumenter Palestina.

Semua sesi akan dilakukan secara online mengingat masih pembatasan pandemi Covid-19, serta cocok untuk segala usia dan lapisan masyarakat.

Abeer Saad Al Kuwari, Direktur Layanan Penelitian dan Pembelajaran di Perpustakaan Nasional Qatar mengungapkan rasa syukur dan bangganya menjadi tuan rumah Pekan Budaya Palestina sebagai bagian dari upaya kami untuk menyoroti perjuangan Palestina dan memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan tentang sejarah negara. , tradisi, budaya, dan lainnya seputar Palestina.

Sebagai penjaga warisan kawasan, adalah tanggung jawab kita untuk mendidik orang-orang kita tentang sejarah dan warisan Arab. Kami percaya sesi ini akan membantu semua peserta belajar lebih banyak tentang Palestina dan memahami perjuangan mereka untuk kebebasan.”

Seperti disebutkan The Peninsula Qatar, pembukaan perdana pada Ahad, 8 Agustus, akan menjadi diskusi buku khusus tentang novel Kilimanjaro Spirit, karya Ibrahim Nasrallah.

Peserta akan mendapatkan gambaran bagaimana perjuangan Palestina yang digambarkan dalam novel.

Pada Senin, 9 Agustus, para peserta akan diajak berwisata secara virtual melalui “Perjalanan ke Masjid Al-Aqsa” menelusuri Kota Tua Al Quds di Palestina.

Peserta akan berkesempatan untuk mempelajari arsitektur dan desain Masjid Al-Aqsa. Sesi ini akan dilakukan dalam bahasa Arab dan Inggris untuk masyarakat umum.

Pada Selasa, 10 Agustus, peserta akan mendapatkan kesempatan menonton budaya khas tarian tradisional rakyat Palestina al-Dabke.

Mohammad Salm akan berbagi wawasan tentang seni tradisional Palestina yang paling penting dari warisan Palestina.

Pada Rabu, 11 Agustus akan ditampilkan gambaran tentang “Keffiyeh Palestina: Simbol Perlawanan.”

Dr. Yehia Zakaria Al Agha, Direktur Urusan Kebudayaan dan Pendidikan di Kedutaan Besar Palestina di Qatar dan Wakil Ketua Dewan Sekolah Palestina di Qatar, akan memaparkan sejarah dan transformasi Keffiyeh menjadi simbol perlawanan terhadap pendudukan.

Pada hari yang sama, Perpustakaan akan menjadi tuan rumah film dokumenter “From the Palestine Memory,” yang akan dipandu oleh sutradara Bashar Hamdan, menampilkan film dokumentasi arsip Palestina.

Sesi ini juga akan menyoroti upaya yang dilakukan untuk melindungi arsip yang dicuri dan hilang dan melestarikan arsip bioskop Palestina, dan pentingnya menggunakan budaya, seni, dan sinema demi melegitimasi lebih lanjut perjuangan Palestina.

Sesi ini akan ditutup dengan presentasi barang-barang Palestina dari Heritage Library.

Kedua program pada 11 Agustus akan disajikan dalam bahasa Arab dengan interpretasi dalam bahasa Inggris.

Pada Kamis, 12 Agustus, pengunjung virtual akan belajar tentang sulaman tradisional Palestina, tradisi cerita rakyat yang diturunkan dari generasi ke generasi, dan seni rupa yang mendefinisikan wanita Palestina.

Feda Allouh akan berbicara tentang bagaimana dekorasi pada gaun itu menunjukkan identitas desa atau wilayah tempat ia berasal.

Perpustakaan Qatar juga akan menyediakan beberapa peserta dengan alat bordir untuk sepenuhnya mengalami sesi menarik dan pendidikan dengan benang dan jarum.

Pekan Budaya Palestina yang menarik dan interaktif akan ditutup dengan sesi masakan Palestina pada hari yang sama, Kamis, 12 Agustus.

Masakan Palestina adalah bagian yang berbeda dari budaya negara dan dipengaruhi oleh peradaban dan bangsa sepanjang sejarah.

Peserta akan mengikuti demo masak di Instagram live bersama Khwla Alomari yang akan menyiapkan hidangan khas Musakhan.

Sesi selama satu jam akan menjadi akhir yang ideal untuk salah satu inisiatif paling menarik yang diambil oleh Perpustakaan untuk mendidik publik tentang Palestina.

Sebagai pusat penelitian dan budaya, Perpustakaan Nasional Qatar terus menawarkan berbagai acara virtual di semua bidang studi yang mendidik, melibatkan, dan memberdayakan masyarakat.

Pendekatan Budaya

Perjuangan bangsa Palestina melalui pendekatan budaya, pernah juga dilakukan di Tunisia, melalui “Pekan Budaya Palestina: Denyut Nadi Yerusalem terdengar di Tunisia pada 15-22 November 2016.

Dalam dokumen Al-Quds Al-Arabi disebutkan, kegiatan yang diluncurkan di pusat ibukota Tunisia dengan slogan “Dari Tunisia ke Palestina, Perlawanan Budaya” diikuti oleh asosiasi dan organisasi dari berbagai negara.

Konteks yang disampaikan sama, yakni bagaimana perlawanan terhadap pendudukan melalui jalur budaya.

Pekan budaya juga untuk terus mempertahankan bagaimana agar budaya tinggi Palestina tidak punah dari kehidupan modern saat ini dan mendatang, di tengah pendudukan yang terus mencengkeram Palestina.

Agenda serupa pun bergulir di beberapa negeri lainnya, seperti di Maroko, Aljazair, hingga Prancis.

Acara memberikan pesan kepada dunia bahwa tanggung jawab solidaritas terhadap bangsa terjajah pun dapat dilakukan oleh para musisi, penulis, novelis, hingga artis.

Hasil dari donasi pecan budaya pun dapat digunakan untuk mendukung perjuangan Palestina.

Perwakilan Kampanye Global untuk Kembali ke Palestina, Dr. Abdul-Malik Sukarieh, seperti disebutkan al-Quds al-Araby, menekankan pentingnya warisan dan budaya dalam perlawanan, karena hal itu dapat memberikan kontribusi pada pembentukan kesadaran dan merupakan tulang punggung peradaban.

Hal seperti itu layak diapresiasi oleh badan dunia PBB yang bergerak di bidang pendidikan dan budaya UNESCO.

Sebagai lembaga yang mempromosikan perdamaian melalui pendekatan pendidikan dan budaya, dapat mengkoordinisasi kegiatan semacam itu di negara-negara lain.

Tak ketinggalan tentu saja peran pemerintah dan Organisasi Non-Pemerintah (NGO), lembaga pendidikan dan budaya, termasuk individu dan komunitas yang hobi atau bergerak di bidang kebudayaan, patut menyelenggarakan Pekan Budaya Palestina serupa, sebagai bagian dari bentuk solidaritas dan dukungan bagi kemerdekaan Palestina. (A/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.