ALJAZAIR BANTU AS$ 26 JUTA UNTUK ANGGARAN OTORITAS PALESTINA TAHUN INI

Sekjen Liga Arab, Nabil Al-Arabi
Sekjen Liga Arab, Nabil Al-Arabi. (dok. WAM)

Kairo, 1 Rabiul Akhir 1437/11 Januari 2016 (MINA) – Aljazair telah memberikan dana sebesar AS$ 26 juta untuk mendukung anggaran Otoritas Palestina tahun 2016 ini, sebgaimana dilakukan Aljazair pada tahun-tahun sebelumnya.

Dalam sebuah pernyataan, Liga Arab mengatakan dukungan keuangan tersebut berdasarkan perintah Presiden Aljazair, Abdelaziz Bouteflika, kantor berita WAM melaporkan, sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Selembar cek diserahkan Duta Besar Aljazair untuk Mesir yang juga Wakil Tetap Aljazair untuk Liga Arab, Nazir al-Marbawi, kepada Sekretaris Liga Arab Jenderal Nabil al-Arabi, di sela-sela pertemuan darurat para Menteri Luar Negeri Arab di Kairo.

Pernyataan itu menegaskan Aljazair telah menunaikan semua komitmen keuangan untuk membantu perjuangan rakyat Palestina untuk menjadi negara merdeka dengan Al-Quds (Yerusalem) sebagai ibukotanya.

Aljazair memiliki sejarah panjang dalam mendukung rakyat Palestina dan dalam perjuangan melawan pendudukan Israel.

Di antaranya  Aljazair memberikan bantuan dana sebesar $ 25 juta kepada otoritas Palestina di Jalur Gaza di tengah-tengah perang 50 hari akibat agresi Israel yang banyak meminta korban dan menghancurkan berbagai fasilitas pelayanan masyarakat.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyatakan terima kasihnya atas dukungan cepat Aljazair itu. Dalam ucapan terima kasih khusus kepada Presiden Bouteflikae itu, Abbas menekankan peran Aljazair dalam “mendukung perjuangan Palestina serta membela sikap Palestina di semua forumi internasional dan regional.”¬† (T/R07/P2 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)