Usaha Tahu KAKB Kencana Kulon Progo Bangun Kembali

Kulon Progo, MINA – Melalui fasilitator Desa Berdaya, bisa membangun kembali Kelompok Asuh Keluarga Binangun (KAKB) Kencana di Desa Berdaya Jatimulyo, Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.

KAKB Kencana bergerak dalam bidang perekonomian usaha membuat tahu.

Sejak mendapat pendampingan usaha dari Rumah Zakat, KAKB ini mengalami kemajuan yang pesat.

“Dulu KAKB ini usahanya kurang maju, anggotanya pun semakin menyusut, asalnya 12 berkurang jadi tinggal empat. Alhamdulilah Rumah Zakat melakukan pendampingan sejak tahun 2017 dan KAKB Kencana mulai maju lagi, anggotanya pun kini bertambah jadi enam,” ujar Murji, Fasilitator Desa Berdaya Jatimulyo, demikian rumahzakat.org melaporkan, Kamis (14/6).

Saat pertama kali membina KAKB ini, Murji melakukan analisis usaha lalu dibuatlah evaluasi manajemen dan analisis hambatan – hambatan yang muncul. Setelahnya, Murji melakukan pendampingan dengan mulai memperbaiki manajemen dan pemasaran KAKB Kencana.

“Terus KAKB Kencana dapat bantuan modal dari Indosat, nah bantuan itu digunakan untuk bayar utang panci, benerin tungku, dan beli bahan baku,” ujarnya

Majunya KAKB Kencana menjadikan para anggotanya yang mayoritas berasal dari keluarga pra sejahtera mendapatkan penghasilan, apalagi di antaranya adalah para ibu-ibu yang harus menghidupi keluarga dan menyekolahkan anak. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.