Ustadz Uray Helwan: Khatib Perlu Sampaikan Pesan yang Mencerahkan Umat

Pontianak, MINA – Ustadz Uray Helwan,S.KM,M.Kes, Dosen Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Kota Pontianak mengatakan, para khatib perlu menyampaikan pesan-pesan dakwah yang mencerahkan umat dalam khutbah-khutbahnya.

“Penting bagi para khatib untuk terus meningkatkan kualitas dirinya sebagai penyampai pesan dakwah, agar apa yang disampaikan dapat mencerahkan pikiran dan jiwa umat,” ujar Ustadz Helwan kepada MINA, Sabtu (23/10).

Pesan khutbah juga agar dapat menyentuh hati, sehingga dapat menggerakkan jamaah untuk membangun kemaslahatan umat dan bangsa, imbuhnya.

Menurutnya, hal-hal yang perlu diperhatikan dari seorang da’i di antaranya hal-hal mendasar tentang shalat Jumat,  syarat rukun khutbah, sunah-sunah khutbah, kemampuan retorika dan berakhlakul karimah.

Ustadz  Helwan beberapa waktu lalu menjadi pemateri Training Khatib Kampus ADI Kota Pontianak, pada 3 Oktober 2021, yang diikuti 70 peserta. Pemateri lainnya Ustadz Ubaidullah Murjani Yatim,M.Pd, (Pembina ADI), Ustadz Nashrullah,Lc (Dosen Al-Khansa Pontianak) dan Muhammad Rizal Edwin,SE,M.AV (Trainer ESQ). (L/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)