Ustaz Arif Hizbullah: Kehidupan Berjamaah adalah Karunia Besar dari Allah SWT

Ustaz Arif Hizbullah, seorang dai Pondok Pesantren Al Fatah menegaskan, kehidupan berjama'ah merupakan karunia besar dari Allah SWT, sehingga umat Islam wajib mensyukurinya. (Foto: Abdullah/MINA)

Cileungsi, Kabupaten Bogor – Dai Pondok Pesantren Al-Fatah, Ustaz Arief Hizbullah menegaskan, kehidupan berjamaah adalah sebuah karunia besar dari Allah SWT, karenanya umat Islam wajib mensyukurinya.

Hal itu disampaikan Ustaz Arif Hizbullah saat menjadi narasumber Tabligh Akbar Festival Sya’ban 1445 H di Masjid At-Taqwa, Kompleks Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Ahad (3/3).

“Alhamdulillah kita dapat menikmati satu karunia besar yang sesungguhnya itu telah dikaruniakan oleh Allah SWT kepada para sahabat, yaitu kehidupan berjama’ah. Ini adalah suatu nikmat,” ujar Ustaz Arif.

Menurutnya, para sahabat juga menjalani kehidupan di bawah bimbingan langsung dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, merasakan sangat menikmati kehidupan berjama’ah.

“Kalau misalnya hidup berjamaah kok merasakan tidak nikmat, maka ini ada dua kemungkinan yang salah. Pertama mungkin ada penyakit dalam hatinya. Maka ini harus hati-hati,” katanya.

Kedua, lanjutnya, kemungkinan dari menjalani kehidupan berjama’ah yang tidak serius 100 persen. “Kalau berjama’ah kok cuma 50 persen atau 40 persen, tidak akan bisa menikmati nikmatnya berjama’ah,” katanya.

Karenanya, Ustaz Arif mengajak umat Islam untuk memotret satu sisi kehidupan berjama’ah yang dilakukan oleh para sahabat Rasulullah SAW, yaitu dari segi ukhuwah islamiyyah.

“Kesatuan ini akan berwibawa kalau ukhuwahnya ini padat, kalau ruhnya ini serius, sehingga akan ditakuti oleh musuh-musuh Allah SWT. Ini seperti serigala yang jika hanya gambar, tidak ada ruhnya, tidak akan ditakuti. Begitu juga berjama’ah jika tidak ada ruhnya, tidak akan berwibawa,” tegasnya. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.