Ustaz Khozin: Rasulullah Sangat Menjaga Kesatuan Ummat

Al-Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Da’i Jama’ah Muslimin (Hizbullah), menyatakan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat menjaga Islam, bahkan mendapat perhatian yang sangat besar.

“Rasulullah telah membangun suatu masyarakat yang berada dalam persatuan dan kesatuan yang kokoh, dilandasi atas dasar kecintaan dan tolong menolong,” ungkapnya saat menyampaikan Khuthbah Idul Fitri di Lapangan Gaza, Kompleks Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Al-Muhajirun, Negararatu, Natar, Lampung Selatan, Senin (2/5).

Ia mengatakan, suatu keistimewaaan muslim di jaman Rasulullah ialah kuatnya Ukhuwah fie Dienillah, Mahabbah dan tolong menolong di antara kaum muslimin khususnya dalam kebaikan dan ketaqwaan.

Ia juga menjelaskan, ketika di Madinah, Rasulullah mempererat tali ukhuwah antar sesama muslim, Kaum Muhajirin dan Anshor, begitu juga telah disatukannya ke dalam Jamaah Muslimin, suku ‘Aus dan Khazraj yang telah ratusan tahun bermusuhan dan berperang.

“Demikian jelas bahwa beliau Rasulullah dan para sahabatnya telah mencontohkan wujud kesatuan umat yang utuh dengan ikatan persaudaraan,” ujarnya.

“Ramadhan yang telah kita lalui telah menyadarkan kepada kita banyak hal, termasuk inti terhadap kehidupan berjamaah,” lanjutnya.

Selama Ramdahan, umat Islam diajarkan untuk terus berupaya membangun kesatuan umat sebagaimana perintah berpuasa itu sendiri yang mesti diawali dengan melihat hilal yang menandai umat Islam di seluruh dunia serentak melaksanakan ibadah puasa.

“Isyarat kesatuan umat Islam yang dapat kita petik ialah dari kesamaan mengawali dan mengakhiri saum Ramadhan, adanya perhitungan atau hisab yang diprediksikan sama oleh para ahli hisab untuk beberapa tahun ke depan menjadi potensi bagi muslimin untuk dapat menumbuhkan semangat kesatuan dan persatuan sehingga berwujud terhadap ukhuwah Islamiyah,” jelasnya.

Maka, melalui Ramadhan, ia berharap umat Islam mampu memahami, menghayati, dan mengamalkan tentang perintah berjamaah sebagai wujud Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin. (L/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.