Ustaz Widi Kusnadi: Ciri Seorang Mukmin, Perbuatannya Islami

Depok, MINA – Dai Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Ustaz Widi Kusnadi mengatakan bahwa ciri kepribadian seorang mukmin itu dilihat dari kepribadian, pandangan, sikap, pilihan, keputusan, dan perbuatannya sesuai dengan nilai-nilai Islam (Islami).

“Umat Muslim tidak hanya menyelamatan dirinya sendiri,  tetapi juga menyelamatkan orang lain. Apa yang ia lakuan,  mencerminkan nilai-nilai Islami,” kata Ustaz Widi dalam tausiyah di Masjid Nurul Jannah, Depok, Ahad (13/12).

Ia mengatakan, salah satu nilai islami adalah,  seorang Muslim hendaknya memiliki sikap adil, sebab adil mendekatkan diri kepada takwa kepada Allah. Islam memerintahkan kepada setiap manusia untuk berbuat adil atau menegakkan keadilan pada setiap tindakan perbuatan yang dilakukan.

Menurutnya, keadilan merupakan norma kehidupan yang didambakan oleh setiap orang dalam tatanan kehidupan sosial.

Ada dua sumber keadilan, yaitu keadilan positif juga merupakan konsep produk manusia, dan keadilan revelasional yang berasal dari Tuhan disebut keadilan Ilahi.

“Keadilan merupakan pondasi tegaknya hukum, jika seorang muslim tidak memiliki sikap adil maka akan terjadi kehancuran,” tegas Ustaz Widi yang juga Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Fatah (STAI-A) dan wartawan Kantor Berita MINA.

“Sebelum seseorang berlaku adil kepada orang lain, ia harus terlebih dahulu adil kepada Allah dan dirinya sendiri. “Selama tidak mampu berlaku adil kepada Allah dan dirinya sendiri, maka ia akan bisa menerapkan keadilan untuk orang lain,”imbuhnya. (L/ZA/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)