Ustaz Zaitun: Forum Alumni Universitas Saudi Jadi Momen Kolaborasi Dakwah Internasional

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Pimpinan dan pengurus Wahdah Islamiyah menghadiri Konferensi Universitas- se-Asia Tenggara dan Asia Pasifik, di Jakarta, Selasa—Kamis (10-12/1).

Hadir di antaranya Pimpinan Umum Wahdah KH. Dr. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., MA, Ketua Harian Ustadz Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc., MA dan beberapa Dosen STIBA Makassar di antaranya Ketua STIBA Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D.

Alhamdulillah, bahagia rasanya hari ini kami dipertemukan kembali dalam multaqa alumni. Ini adalah ajang pertemuan untuk para alumni universitas-universitas Saudi Arabia. Semua usia, semua angkatan. Semoga menjadi pintu-pintu kolaborasi,” ujar Ustadz Zaitun Rasmin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/1).

Forum ini dihadiri oleh utusan-utusan dari 13 negara, di antaranya Kamboja, Cina, Indonesia, Maladewa, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Jepang, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

“Momen ini selain untuk ajang temu kangen, juga ajang update informasi, saling menyemangati, dan sharing pengalaman dakwah. Semoga kebersamaan ini berlanjut hingga surga-Nya nanti,” imbuhnya.

Acara tersebut diadakan oleh Universitas Islam Madinah bekerja sama dengan Universitas King Abdul Aziz dan Universitas King Faisal.

Hadir dalam forum internasional ini sejumlah pejabat Kerajaan Saudi, seperti Penasihat Kerajaan yang juga anggota Dewan Ulama Senior, imam dan khotib Masjidil Haram Syekh Dr. Saleh bin Abdullah bin Humaid, Duta Besar Saudi untuk Indonesia Isham bin Ahmad Al-Tsaqafi, dan Rektor Universitas Islam Madinah Syekh Dr. Mamduh bin Saud bin Tsunayan Al Saud.

Forum ini membahas empat tema utama. Tema pertama adalah upaya lulusan lembaga pendidikan tinggi Saudi dalam menjelaskan konsep moderasi dan mendakwahkannya, memperingatkan bahaya ekstremisme, menjelaskan toleransi Islam dan orientasi moderat Kerajaan Saudi.

Pembahasan tema kedua seputar upaya-upaya para lulusan KSA di bidang pengembangan masyarakat lokal tempat mereka tinggal, dan menyajikan pengalaman dan percontohan serta meninjau pengalaman mereka di bidang ini.

Tema ketiga membahas tentang peran lulusan lembaga pendidikan tinggi Saudi dalam mengembangkan hubungan negara asal mereka dengan Kerajaan .

Sedangkan tema keempat membahas upaya lulusan lembaga pendidikan tinggi Saudi di bidang penyebaran ilmu dan pengetahuan.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.