Vatikan Panggil Dubes AS dan Israel: Prihatin DenganRencana Aneksasi

Vatikan City, MINA – Vatikan dalam langkah yang sangat tidak biasa, memanggil Duta Besar AS dan Israel untuk mengungkapkan keprihatinan Takhta Suci tentang langkah-langkah Israel untuk memperluas kedaulatannya ke Tepi Barat.

Sebuah pernyataan Vatikan pada Rabu (1/7) mengatakan pertemuan berlangsung antara Kardinal Pietro Parolin, Menteri Luar Negeri Vatikan, Duta Besar AS Callista Gingrich dan Duta Besar Israel Oren David. Jerusalem Post melaporkan.

Satu sumber diplomatik senior mengatakan kepada Reuters bahwa Parolin bertemu kedua utusan itu secara terpisah.

Kardinal Parolin menyatakan “keprihatinan Tahta Suci mengenai kemungkinan tindakan sepihak yang selanjutnya dapat membahayakan pencarian perdamaian antara Israel dan Palestina, serta situasi sulit di Timur Tengah”.

Pernyataan Vatikan itu menegaskan kembali posisinya dalam mendukung solusi dua negara, dengan mengatakan “Israel dan Negara Palestina memiliki hak untuk hidup dan hidup dalam perdamaian dan keamanan, dalam batas-batas yang diakui secara internasional.”

Vatikan mengimbau warga Israel dan Palestina untuk melakukan segala yang mungkin untuk membuka kembali proses negosiasi langsung berdasarkan resolusi PBB. (T/RS2//P1)

Mi’raj News Agency (MINA)