Veteran Angkatan Laut AS Dihukum 10 Tahun Penjara di Iran

California, MINA – Seorang veteran Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dijatuhi hukuman 10 tahun penjara di Iran karena menghina pemimpin negara itu dan menerbitkan informasi pribadi secara publik, menurut pengacara keluarganya.

Michael White ditangkap pada Juli tahun lalu, ketika dilaporkan mengunjungi seorang wanita Iran di kota Mashad. Pemerintah Iran mengkonfirmasi penangkapannya pada Januari lalu.

Pada Sabtu (16/3), pengacara Mark Zaid mengatakan, White dihukum dua tahun karena menghina Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan 10 tahun karena mengunggah gambar, demikian Al Jazeera melaporkan.

Dua hukuman yang disampaikan dalam dengar pendapat terpisah pada 6 Maret dan 9 Maret akan dilakukan bersamaan.

Namun, Pemerintah Iran belum merilis rincian dakwaan dan media resmi Iran belum melaporkan kasus ini.

Keluarga White mengetahui hukuman awal pekan ini dari Departemen Luar Negeri AS yang menerima informasi dari diplomat Swiss. Swiss mewakili kepentingan AS di Iran karena kedua negara tidak memelihara hubungan diplomatik.

White adalah penduduk asli California. Ia bertugas 13 tahun di Angkatan Laut AS.

Zaid mengatakan, keluarga dan Departemen Luar Negeri AS masih berusaha untuk menentukan, apakah tuduhan itu bermotif politik atau hasil dari penuntutan pidana. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)