Veto AS Gagalkan Resolusi DK PBB untuk Gencatan Senjata di Gaza

New York, MINA – Veto Amerika Serikat menggagalkan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk di Jalur .

Dewan Keamanan PBB gagal mengadopsi rancangan resolusi yang diajukan Aljazair tentang seruan gencatan senjata di Jalur Gaza setelah AS menggunakan hak vetonya, Selasa (20/2). Quds Press melaporkan.

Sejumlah 13 negara memberikan suara mendukung rancangan resolusi tersebut, sementara Inggris abstain, dan AS menggunakan hak vetonya untuk menggagalkan resolusi tersebut.

Ini adalah ketiga kalinya Amerika Serikat menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan PBB terhadap rancangan resolusi mengenai agresi Israel di Gaza, yang menghalangi tuntutan gencatan senjata segera demi kemanusiaan.

Pemungutan suara terhadap rancangan resolusi ini dilakukan setelah Mahkamah Internasional (ICC) mengeluarkan keputusan pada akhir Januari lalu, yang menyerukan pendudukan Israel untuk “berhenti menargetkan warga sipil Palestina, menghukum pejabat Israel yang menghasut kekerasan, dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Jalur Gaza Tanpa halangan.

Dewan Keamanan terdiri dari 5 anggota tetap yang memiliki hak veto (Tiongkok, AS, Prancis, Inggris, dan Rusia), serta 10 anggota terpilih periode 2023-2024 (Albania, Brazil, Ekuador, Gabon, Ghana, Jepang, Malta, Mozambik, Swiss dan Uni Emirat Arab. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.