Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wakil Emir Makkah Pimpin Upacara Tahunan Pencucian Ka’bah

sri astuti - Kamis, 3 Agustus 2023 - 04:07 WIB

Kamis, 3 Agustus 2023 - 04:07 WIB

19 Views

Makkah, MINA – Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Wakil Emir Makkah Pangeran Badr bin Sultan memimpin upacara tahunan pencucian Ka’bah pada Rabu pagi (2/8).

Setibanya di Masjidil Haram, Pangeran Badr diterima oleh Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, dan sejumlah pejabat kepresidenan. Saudi Gazette melaporkan.

Pangeran Badar mencuci Ka’bah dengan mengelap dinding Ka’bah dari dalam dengan potongan kain putih yang dicelupkan ke dalam wewangian bunga mawar dan kasturi, yang telah disiapkan sebelumnya oleh kepresidenan.

Air zamzam yang dicampur dengan wangi mawar dipercikkan ke lantai dan diusap dengan tangan kosong dan daun lontar.

Baca Juga: Bertemu Raja Malaysia, Prabowo Sampaikan Komitmen Kerja Sama Bilateral

Setelah upacara pencucian, Pangeran Badr melakukan tawaf (keliling Ka’bah) kemudian salat sunnah dua rakaat. Sheikh Al-Sudais dan penjaga senior Ka’bah Suci juga bergabung pada pencucian tersebut.

Pencucian tempat paling suci bagi umat Islam itu dilakukan setiap tahun menggunakan air Zamzam yang dicampur dengan air mawar, oud, dan wewangian lainnya. Pencucian Ka’bah sesuai contoh yang dilakukan oleh Nabi Muhammad. Merupakan kebiasaan bagi Raja Saudi atau perwakilannya untuk mencuci Ka’bah Suci dari dalam.

Sheikh Al-Sudais menekankan keinginan tertinggi kepemimpinan Saudi dalam menjaga Dua Masjid Suci.

“Kerajaan, sejak penyatuannya di tangan pendiri Raja Abdul Aziz dan periode putra-putra yang saleh setelahnya, hingga periode makmur Raja Salman dan Putra Mahkota serta Perdana Menteri Mohammed bin Salman saat ini, selalu peduli dengan segala sesuatu yang menyangkut masalah Islam dan umat Islam, khususnya Dua Masjid Suci dan Ka’bah,” katanya.

Baca Juga: Sebanyak 6.251 Siswa di Mesir Selesaikan Hafalan Al-Quran Sekali Duduk

Ia mencatat bahwa merawat Ka’bah hanyalah salah satu karakteristik dari para pemimpin negara yang diberkati ini, dan bahwa memuji dan merawatnya adalah bagian dari ibadah umat Islam,” tambahnya. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Jet Turkiye Tampil pada Pertunjukan Udara Internasional di Mesir

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Dunia Islam
Dunia Islam
Indonesia
Palestina
Dunia Islam
MINA Millenia
MINA Health
Asia
Indonesia
MINA Preneur